Tinjau Pasar Cendrawasih, Mendag Pastikan Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Metro Aman

Tinjau Pasar Cendrawasih, Mendag Pastikan Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Metro Aman

Foto : Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau harga dan stok kebutuhan pokok makanan di Pasar Cenderwasih, Kota Metro, Kamis (13/3/2023).-(Ria Riski AP)-

RADARMETRO – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau sejumlah kebutuhan pokok makanan di Kota Metro. Dalam tinjauan tersebut Mendag memastikan harga dan stok kebutuhan pokok makanan di Metro aman. 

Demikian disampaikan Zulkifli Hasan saat meninjau harga kebutuhan pokok makanan di Pasar Cenderawasih, Kota Metro, Kamis (13/4/2023). Ia mengatakan dari pantauan stok bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri di Metro masih aman. Bahkan stoknya diketahui melimpah. "Stok banyak. Tidak ada kelangkaan," terangnya.

Menurutnya, pantauan harga kebutuhan di Metro cenderung mengalami penurunan. Karenanya ia mengapresiasi kinerja Walikota Metro yang berhasil menurunkan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Walikota Metro yang berhasil menurunkan harga kebutuhan pokok. Ini menjadi pertama kali menjelang Lebaran harga kebutuhan pokok mengalami deflasi," ujarnya.

Meski demikian ia mengaku harga kebutuhan pokok di Jawa Tengah cenderung lebih murah dibandingkan di Kota Metro. Ini terutama harga bawang merah.

"Di Jawa Tengah lebih murah lagi karena di Jawa Tengah pusat penghasilnya. Seperti bawang merah dari Jawa Tengah. Makanya bawang merah di Jawa Tengah Rp25 ribu per kg. Disini Rp30 ribu, wajar karena ada ongkosnya. Teetapi jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu cenderung turun. Seperti harga bawang merah dahulu bisa mencapai Rp50 ribu per kg. Kemudian daging Rp150 ribu saat ini Rp130 ribu per kg," benernya.

BACA JUGA:Pasukan Sniper Polda Lampung Turun Tangan Amankan Mudik Lebaran 2023

Karenanya, Zulkifli mengimbau masyarakat untuk tidak panik untuk memenuhi kebutuhan pokok makanan menjelang Lebaran. Terlebih  pemerintah saat ini tengah  membagikan beras untuk 2 juta lebih warga miskin. Masing-masing warga 10 kg. "Jadi kalau beras tidak usah khawatir cadangan beras kita banyak," katanya.

Mendag memastikan tidak ada kelangkaan barang kebutuhan pokok makanan. Karenanya masih diimbau untuk tidak khawatir dengan stok kebutuhan pangan.

"Saya minta masyarakat tidak usah takut, tidak usah khawatir, tidak usah menyerbu pasar. Kapan saja belanja barangnya ada banyak, belanja saja secukupnya. Stok minyak kita banyak," tegasnya.

Diketahui, tampak mendampingi dalam kegiatan tersebut Wali Kota Metro Wahdi dan Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman dan beberapa jajaran Pemerintahan Kota Metro. Kemudian Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan beberapa komoditas turun harga dibanding seminggu sebelumnya. Komoditas tersebut antara lain bawang putih kating Rp32.000 per kg, bawang putih biasa Rp28.000 per kg, bawang merah Rp30.000 per kg, telur ayam ras menjadi Rp28.000 per kg, daging ayam ras Rp32.000 per kg, dan cabai rawit merah Rp25.000 per kg, cabai merah keriting Rp30.000 per kg, dan cabai merah besar Rp25.000 per kg.

Sementara itu, harga komoditas lainnya yang tercatat stabil antara lain beras medium Rp11.500 per kg, beras Bulog Rp9.450 per kg, beras premium Rp13.000 per kg, gula pasir Rp13.500 per kg, tepung terigu Rp13.000 per kg, minyak goreng premium Rp21.000 per liter, MINYAKITA Rp14.000 per liter, minyak goreng curah Rp13.950 per liter, dan daging sapi Rp130.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: