Tekan Kenaikan Harga Bahan Pokok Makanan, Disdag Metro Bakal Gelar Operasi Pasar, Cek Jadwalnya!

Tekan Kenaikan Harga Bahan Pokok Makanan, Disdag Metro Bakal Gelar Operasi Pasar, Cek Jadwalnya!

Foto : Kepala Disdag Kota Metro Elmani bersama rombongan meninjau lokasi Pasar Cenderawasih sebagai lokasi kegaitan Operasi Pasar.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Untuk menekan naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok makanan, Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Perdagangan (Disdag) akan menggelar kegiatan Operasi Pasar (OP) 

Kegiatan tersebut rencananya akan digelar minggu ini di halaman Pasar Cenderawasih Kota Metro. Demikian disampaikan Kepala Disdag Kota Metro, Elmanani dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Selasa (7/11/2023). 

Ia mengatakan, dalam kegiatan OP)l tersebut rencananya akan dijual sejumlah bahan pokok makanan dengan harga murah. Ini terutama harga bahan pokok makanan yang kini melambung tinggi. 

"Iya rencana Kamis (9/11/2023) pagi ini kita akan gelar OP. Yang akan dijual yang sedang menjadi trending topik karena harganya naik seperti cabai," terangnya.

Menurutnya, berdasarkan pantauan di lapangan harga cabai merah kriting dijual dengan harga Rp80 ribu per kg. Namun hari selanjutnya turun menjadi Rp75 ribu.

"Untuk harga masih kita pantau, karena untuk cabai ini kan per jam harganya bisa berubah. Kalau sekarang untuk harga cabai ini Rp75 ribu per kg, tapi kita tidak tahu besok berapa," ujarnya.

BACA JUGA:Januari - Oktober Realisasi PAD Sektor Retribusi Parkir Baru 65 persen, ini Langkah Dishub Metro!

Ia menjelaskan, naiknya harga cabai tersebut lantaran pengaruh dampak El Nino, sehingga sejumlah wilayah mengalami kekeringan.

Kondisi ini, kata dia, berpengaruh terhadap menurunnya produksi cabai di tingkat petani. Dengan menurunnya produksi tersebut membuat harga cabai pun melambung tinggi.

"Ini kan pasca El Nino ya, panas. Yang jelas komoditas yang terdampak ini kan salah satunya cabai ini. Sehingga harga cabai mahal," katanya.

Ia mengemukakan, selain cabai di OP tersebut rencananya juga akan dijual sejumlah bahan pokok makanan lainnya. Seperti bawang merah, bawang putih, telur, gula dan lainnya. 

"Jadi nanti ada cabai, bawang merah, bawang putih, telur, gula dan lainnya. Nanti kita berikan subsidi pada harga bahan pokok yang dijual. Sehingga harganya lebih murah dari harga di pasaran," ungkapnya. 

Ia menambahkan, upaya tersebit dilakukan Pemerintah Kota Metro agar harga bahan pokok makanan tetap stabil. Kemudian juga dapat terjangkau oleh masyarakat. 

"Untuk kegiatan ini nanti kita akan menggandeng sejumlah produsen dan agen-agen besar. Nantinya harga bahan pokok ini kita akan jual dengan harga murah," paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: