Segera Direalisasikan, Pemkot Metro Bakal Bangun Tugu Gemerlang Di sini!

Segera Direalisasikan, Pemkot Metro Bakal Bangun Tugu Gemerlang Di sini!

Foto : Kepala Disdikbud Kota Metro Suwandi bersama tim meninjau lokasi rencana pembangunan Tugu Gemerlang.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Metro membangunan Tugu Gemerlang (Generasi Emas Metro Cemerlang tampaknya bakal segera direalisasikan

Di mana Tugu Gemerlang tersebut rencananya akan dibangun di pertigaan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Brigjen Sutiyoso, Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat.

Proses pembangunan Tugu Gemerlang tersebut rencana akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di pos anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro.

Demikian disampaikan Kepala Disdikbud Kota Metro, Suwandi,  Jumat (10/11/2023). Dikonfirmasi awak media, Suwandi mengatakan bahwa dalam proses pembangunan Tugu Gemerlang tersebut akan diwasi langsung oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Metro.

"Jadi dalam proses pembangunan Tugu Gemerlang ini nanti akan diberikan pendampingan dari Kejari Metro. Bersama perwakilan dari Kejari, kemarin kita sudah meninjau lokasi yang nantinya akan dibangun tugu Gemerlang," terangnya.

Ia menjelaskan, dalam proses pembangunan Tugu Gemerlang tersebut telah direncanakan dengan beberapa tahapan.

Di mana Disdikbud telah menggelar sayembara design Tugu Gemerlang. Proses penilaian juga telah dilakukan oleh tim juri yang membidangi.

BACA JUGA:Konsep Dasar Kota Pendidikan, Ternyata Tertuang di Tugu Pena Metro Lampung, Simak Penjelasannya!

"Pemenangnya sudah ada dan ditentukan oleh tim juri dan dinilai oleh tim ahli. Ini untuk menentukan berapa besaran biaya pembangunan tugu ini," katanya.

Menurutnya, pembangunan Tugu Gemerlang tersebut dilakukan sebagai  representasi dari cita-cita Kota Metro sebagai Kota Berpendidikan. 

"Jadi ini bukan tugu peringatan ya, ini merupakan representasi dari cita-cita Kota Metro untuk menuju Gemerlang di tahun 2037," jelasnya.

Lebih lanjut, Suwandi mengemukakan bahwa Tugu Gemerlang tersebut merupakan simbol Kota Metro  mewujudkan generasi emas tepat di usia 100 tahun.

"Kalau Bapak Presiden itu.kan mewujudkan generasi emas di tahun 2045. Sedangkan Pak Wali ini punya sebuah lompatan mewujudkan Gemerlang di tahun 2037. Nah kenapa di tahun 2037? Karena itu tepat 100 tahun usia Kota Metro," tukasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Metro melalui Disdikbud membuka sayembara bagi masyarakat dalam pembuatan Desain Tugu Gemerlang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: