Melangkah Kedepan, Siswa SMA Yos Sudarso Lakukan Ujian Semester dengan Proyek Penelitian

Melangkah Kedepan, Siswa SMA Yos Sudarso Lakukan Ujian Semester dengan Proyek Penelitian

Foto : Siswa Kelas XI SMA Yos Sudarso melakukan proyek penelitian sesuai dengan tema yang disiapkan sekolah. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Selangkah maju kedepan SMA Yos Sudarso Kota Metro melaksanakan Ujian Tes Sumatif Akhir Semester bagi siswa siswinya. Pelaksanaan Tes Sumatif pada Kurikulum Merdeka tersebut dilaksanakan dengan Sistem Proyek Penelitian.

Dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kepala SMA Yos Sudarsono, RP Albertus Joni melalui Waka Kurikulum Valentina Yesi Febriani menjelaskan, dalam pelaksanaan Tes Sumatif Akhir Semester ini dilakukan oleh seluruh siswa dan siswi SMA Yos Sudarso. Sistem proyek pelaksanaan Tes Sumatif kali khususnya diberlakukan bagi siswa-siswi kelas XI dan XII SMA Yos Sudarso.

"Jadi saat ini kami sedang melaksanakan Tes Sumatif Akhir Semester dengan sistem proyek. Nah itu dikerjakan sampai bulan November ini," terangnya, Senin (27/11/2023.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan Tes Sumatif kali ini dilakukan dengan pembuatan proposal oleh siswa. proposal tersebut nantinya akan dilaksanakan dengan proses penelitian mirip dalam pembuatan skripsi di jenjang perguruan tinggi.

BACA JUGA:SMP Yos Sudarso Jadi Tuan Rumah Diklat PMR Madya


Foto : Siswa Kelas XII SMA Yos Sudarsono sedang melakukan presentase proposal penelitian sebagai pelaksanaan ujian Tes Sumatif Akhir Semester. -(Ria Riski A.P)-

"Jadi untuk kelas XII itu, mereka akan membuat proposal penilitian karya tulis ilmiah mulai Bab I sampai dengan Bab III. Nah nanti penilitiannya mereka akan lakukan di Semester II sebagai pengganti ujian praktek. Jadi untuk ujian sekolah mereka harus membuat penelitian yang berguna bagi masyarakat. Penelitian ini juga harus sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka dapat di sekolah," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan, bahwa untuk topik dalam proyek tersebut siswa bisa memilih dari materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Indonesia dan lainnya. "Jadi topiknya bebas sesuai dengan pilihan siswa," ujarnya.

Tidak hanya siswa kelas XII, jelasnya, hal serupa juga diberlakukan bagi siswa kelas XI. Di mana siswa bisa melakukan penelitian dengan memilih  4 dari 9 tema yang disediakan di sekolah.

Ia mencontohkan seperti melakukan karya tulis, pembuatan produk, atau miniatur dari pembangkit listrik. Kemudian juga miniatur pembangkit tenaga air, tenaga listrik dan tenaga angin.

"Lalu ada juga yang membuat penjernihan air sederhana. Ada juga yang melakukan pengujian terhadap kualitas air sumur dan sebagainya," ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, sejumlah siswa juga membuat karya berupa dokumentasi dalam bentuk video. Ini seperti edukasi tentang pergaulan bebas remaja.

"Dan mereka akan mempublikasinya di youtubenya masing-masing untuk menjadi edukasi bahayanya pergaulan bebas di kalangan remaja," paparnya.

Sementara itu, untuk siswa kelas pratama atau kelas X ujian semester dilakukan sesuai dengan kelompok mata pelajaran. Misalnya seperti kelompok mata pelajaran IPA digabung dengan Matematika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: