Tim Seni Kabupaten Pringsewu Memukau Masyarakat Gunungkidul

Tim Seni Kabupaten Pringsewu Memukau Masyarakat Gunungkidul

Foto: Tim seni dari Pringsewu tampil memukau.-(Reza)-

RADARMETRO - Tim kesenian Kabupaten Pringsewu berhasil memukau masyarakat Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada pentas seni dan budaya Kabupaten Pringsewu di Taman Budaya Gunungkidul, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Beberapa seni dan budaya Kabupaten Pringsewu yang ditampilkan pada muhibah budaya tersebut diantaranya Tari Siger Pengunten, Tari Ajoman, Musik Gambus Lampung, serta presentasi Kain Tapis Lampung khas Pringsewu. 

Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan, pihaknya berterima kasih atas keramahtamahan Bupati Gunungkidul beserta jajaran Pemkab Gunungkidul, dan berharap hal tersebut akan semakin mempererat tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini.

"Kegiatan ini dalam rangka kunjungan balasan, sebagai bentuk penghargaan atas kunjungan Muhibah Budaya Pemkab Gunungkidul ke Kabupaten Pringsewu dalam bentuk pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk pada 12 Agustus 2023 lalu," katanya. Senin (27/11/2023).

BACA JUGA:2024, Kemendes-DNN Jalin Kerjasama

Adi Erlansyah pada acara yang dihadiri Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan Ketua TP-PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Gunungkidul Diah Purwanti Sunaryanta, Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten Pringsewu Rusdiana Adi Erlansyah, Sekda Gunungkidul Sri Suhartanta beserta jajaran Pemkab Gunungkidul dan Pemkab Pringsewu, serta masyarakat Gunungkidul yang turut menyaksikan pentas seni dan budaya tersebut, berharap persembahan yang ditampilkan akan cukup mewakili dan menggambarkan khazanah budaya Kabupaten Pringsewu,  sehingga kedepan akan semakin banyak lagi pertukaran seni dan budaya antardaerah.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, Kabupaten Gunungkidul memiliki beberapa potensi yang belum seluruhnya dieksplor secara total, baik sumberdaya alam maupun hasil kreasi dan kreativitas masyarakat Kabupaten Gunungkidul.

"Masih banyak tersimpan beberapa potensi yang sangat besar, yang memang butuh waktu, dimana dari waktu ke waktu terus kami kembangkan, terlebih Pendapatan Asli Daerah terbesar Kabupaten Gunungkidul adalah bidang pariwisata, yang saat ini terus dikembangkan oleh Pemkab Gunungkidul," ujarnya.

BACA JUGA:Camat Banjar Baru Pimpin Sertijab Kepala Desa Periode 2023-2029

Pada kesempatan tersebut juga dipamerkan hasil kerajinan kain tapis dari para pengrajin di Kabupaten Pringsewu, yang turut mendapatkan perhatian serta apresiasi dari Bupati Gunungkidul dan Ketua TP-PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Gunungkidul. 

Serta penandatanganan MoU antara Pemkab Pringsewu dan Pemkab Gunungkidul tentang kerjasama bidang pemerintahan, pembangunan, dan pengembangan potensi daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: