Komunikasi Satu Arah Dalam Dakwah Digital

Komunikasi Satu Arah Dalam Dakwah Digital

Foto: Ilustrasi --

Komunikasi satu arah adalah Komunikasi yang di lakukan untuk menyampaikan pesan atau informasi tanpa memerlukan umpan balik. 

Jadi tidak ada diskusi antara komunikator dan komunikan dalam komunikasi satu arah. 

Seperti di tiktok dakwah yang di sampakan buka langsung dari dai akan tetapi di post dari akun lain dan ketika kita belom memahi apa yang di katakan seorang dai,kita bisa mengomentari tapi tidak ada timbal balik dari seorang dai tersebut , sehingga tidak ada diskusi di antara komunikator dan komunikan hanya komunikator yang berperan aktif dalam menyampaikan pesan sementara komunikan menyimak isi pesan. 

Komunikasi satu arah ini bisa menghilangkan kesempatan bagi komunikan untuk memperoleh penjelasan serta konfirmasi. Maka dari situ bentuk komunikasi ini hanya menekankan pada penyampaian pesan saja. 

Oleh karena itu karena berlangsung satu arah maka komunikan hanya bisa menafsirkan atau menebak makna pesan yang di terimanya. 

BACA JUGA:8 Amalan Ringan Berpahala Besar dan 3 Sholawat Sangat Bermanfaat

Sehingga makna pesan , kabar angin, atau desas-desus ini sangat mungkin terjadi dalam bentuk komunikasi ini. 

Dakwah melalui sosial media juga memiliki kekurangan yaitu terkadang di sosial media itu bersifat satu arah, sehingga kita hanya bisa menyimak pesan dari seorang dai dan bisa juga konten tersebut disalah gunakan .

Di dalam media sosial dakwah juga memiliki kelebihan yaitu dapat terjangkau oleh masyarakat luas ,dan dapat di nikmati dimana saja dan kapan saja, nah dari situ Sudah jelas sekali banyak keuntungan yang didapatkan ketika seorang juru dakwah berdakwah melalui internet.

Seperti yang kita tahu, saat ini kebutuhan manusia akan informasi sudah menjadi suatu kebutuhan pokok.

Orang-orang disibukkan dengan rutinitas kesehariannya sehingga tidak sempat menonton atau membaca berita lewat televisi atau koran, sehingga mereka menggunakan alternatif untuk dapat mengakses informasi lewat media sosial.

Dengan kemudahan itu, maka saat ini informasi bisa didapatkan tanpa harus terikat ruang dan waktu.

Ini adalah kesempatan bagi seorang juru dakwah dalam mengembangkan strategi dakwahnya yang lebih inovatif dan kreatif.

BACA JUGA:Imperfect

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: