Gelar Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Dengan Kejari, Ini Permintaan Kepala SMA/SMK di Mesuji

Gelar Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Dengan Kejari, Ini Permintaan Kepala SMA/SMK di Mesuji

Foto: Gelar Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Dengan Kejari. -(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA-SMK) Se-Kabupaten MESUJI, melaksanakan Refleksi akhir tahun 2023 bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) MESUJI, yang di lakukan di Aula rapat kantor Kejaksaan setempat, Kamis (28/12/2023).

Dalam kesempaten tersebut, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Simpang Pematang, Yunita Sari meminta kepada pihak kejaksaan untuk memberikan pelatihan kepada Tim pencegahan dan penanganan  Kekerasan (TPPK) yang ada di sekolah.

Menurutnya hal ini penting, sehingga pihak sekolah tahu cara penanganan jika terjadi kasus kekerasan dan pelecehan seksual di lingkungan sekolah.

"Hingga saat ini sejak tim TPPK disekolah di bentuk kami belum mendapatkan pelatihan dari pihak manapun untuk penanganan kekerasan dan pelecehan seksual jika terjadi di lingkungan sekolah, untuk itu kami berharap pihak kejaksaan dapat memberikan kami pelatihan,"pintanya.

BACA JUGA:Pemkab Mesuji Salurkan Bantuan Alat dan Bibit Pertanian serta Bantuan Sosial

Menyikapi permintaan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Mesuji Azy Tyawardhana,SH.MH., mengatakan jika pihaknya siap memberikan pelatihan. Namun begitu, untuk penanganan masalah kekerasan terhadap anak perlu melibatkan berbagai pihak seperti Kepolisian melalui Unit Perlindungan Perempuan Dan Anak (Unit PPA), Pemerintah Daerah melalui Dinas PPA dan Lembaga sosial dan masyarakat yang konsen terhadap masalah tersebut.

"Pada dasarnya Kejari Mesuji siap, walau hingga saat ini kami belum memiliki Jaksa yang berkompeten terhadap masalah tersebut. Selain itu untuk materi kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak juga harus melibatkan berbagai pihak, baik Polri, pemkab dan LSM atau Ormas yang konsen terhadap masalah tersebut sebagai pemateri,"terang Azy.

Ditempat yang sama, Ketua Forum MKKS SMA kabupaten Mesuji Sudomo, mengatakan Refleksi akhir tahun ini bertujuan sebagai sarana melakukan evaluasi kinerja selama satu tahun anggaran yang sudah di lalui,"Yang kami apresisasi adalah program Jaksa Masuk Sekolah(JMS) kami berharap program ini dapat di tindak lanjuti dengan program yang lebuh kongrit, sebagai kelanjutan dari program JMS,"terang Sudomo.

BACA JUGA:Wisata Cakat Raya Ramai Dikunjungi Wisatawan

Selain hampir seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK  baik Negeri dan Swasta di Kabupaten Mesuji, turut hadir mendampingi Kepala Kejaksaan Negeri Mesuji antara lain, Kepala Seksi Inteljen (Kasi Intel) Kejari Mesuji Ardi Herliansyah, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Mesuji Leonardo Adiguna, dan Jaksa Muda Fungsional dilingkup Kejaksaan Negeri Mesuji, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Lampung wilayah tujuh Kabupaten Mesuji dan Tulang Bawang Assofat Kabir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: