Alhamdulillah! UM Metro Pertahankan Klaster Utama dari DRTPM Kemendikbud Ristek

Alhamdulillah! UM Metro Pertahankan Klaster Utama dari DRTPM Kemendikbud Ristek

Foto: Universitas Muhammadiyah Metro -(Bungsudi)-

RADARMETRO - Universitas Muhammadiyah (UM) Metro kembali meraih prestasi gemilang dengan berhasil mempertahankan posisinya di Klaster Utama berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud Ristek Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023, yang dikeluarkan pada tanggal 28 Desember 2023.

Klasterisasi ini merupakan hasil evaluasi kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 hingga 2022.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UM Metro, Dr. Muhfahroyin, M.TA., menyampaikan kebahagiaannya atas pencapaian tersebut.

"Alhamdulillah, UM Metro kembali masuk ke Klaster Utama. Ini menunjukkan dedikasi dan kerja keras seluruh civitas akademika dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kinerja perguruan tinggi," ujar Dr. Muhfahroyin.

BACA JUGA:Enam Dosen FKIP UM Metro Ikuti Evaluasi Pendampingan Program Sekolah Penggerak

Beliau menambahkan bahwa klasterisasi Perguruan Tinggi bukanlah suatu bentuk pemeringkatan, melainkan pengelompokkan perguruan tinggi berdasarkan kualifikasi kinerja.

Tujuan dari klasterisasi ini adalah sebagai dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana strategis, serta sebagai landasan penentuan kewenangan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi.

"Klasterisasi memberikan pandangan yang lebih holistik terhadap kualitas perguruan tinggi. Hal ini memungkinkan kami untuk fokus pada area yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kontribusi kami dalam pengembangan riset dan pengabdian kepada masyarakat," tambahnya.

UM Metro telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta aktif dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika untuk terus berprestasi dan memberikan yang terbaik dalam mengemban misi perguruan tinggi.

BACA JUGA:Guru Pegang Kepala Siswa, Wahdi: Jangan Diartikan Kekerasan Terhadap Anak

Dengan capaian ini, UM Metro berharap dapat terus menjadi salah satu perguruan tinggi unggulan yang memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan dan riset di Indonesia, dan di Lampung pada Khususnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: