Ketua PMI Lamsel Pastikan Darah yang disumbangkan Gratis

Ketua PMI Lamsel Pastikan Darah yang disumbangkan Gratis

Foto: Ketua PMI Lamsel Winarni saat memberikan keterangan terkait donor darah.-(Johan)-

RADARMETRO - Ketua Palang Merah Indonesia Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto pastikan bahwa darah yang didonorkan untuk masyarakat yang membutuhkan itu gratis tanpa dipungut biaya.

"Sekarang ini tidak ada lagi istilah ada biaya untuk penebusan darah, baik itu di RSUD, PMI, dan Bank Darah. Dimana sebelumnya masyarakat atau pasien kerap mengeluhkan adanya pungutan untuk menebus darah. Saya pastikan itu tidak ada lagi, jika ada laporkan ke saya. Saya ini Ketua PMI," tegas Winarni diwawancarai di depan pintu kantor Bupati, Selasa (10/1/2024). 

Donor darah yang dilakukan itu, lanjut Winarni, bertujuan untuk membantu masyarakat yang memerlukan darah. 

Dimana para pendonor secara ikhlas menyumbangkan darah mereka baik itu secara rutin atau ketika diperlukan. 

BACA JUGA:Nanang Jamin Kemudahan Investor yang Masuk ke Lamsel, Ini Destinasi Wisatanya

"Jika darah yang mereka sumbangkan dikomersilkan, maka hal ini yang tidak boleh lagi dilakukan oleh instansi yang terkait. Sekali lagi saya pastikan semua gratis, jadi masyarakat jangan takut dan segan-segan untuk melaporkan kepada saya," kata dia.

Terpisah salah seorang pendonor darah yang tidak mau ditulis namanya mengaku dirinya kerap melakukan kegiatan sosial sebagai pendonor darah, baik itu di instansi terkait atau komunitas yang menyelenggarakan donor darah.

"Awalnya saya selalu rutin mendonorkan darah, tetapi setelah mengetahui darah yang disumbangkan itu dikomersilkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sejak itu saya tidak mau lagi. Darah itu darah saya yang saya ikhlaskan, tapi kok malah dikomersilkan dengan berbagai alasan medis, dari situ Mas saya tidak mau lagi," cetusnya.

Disinggung adanya pernyataan Ketua PMI Lamsel Winarni yang secara tegas mengatakan bahwa tidak ada lagi pungutan, dirinya menyambut baik ketegasan ketua PMI Lamsel itu.

BACA JUGA:Disdukcapil Metro Beri Kemudahan Pembuatan IKD di Metro, Ini Syaratnya!

"Ya kita lihat dan buktikan, kalau tidak ada lagi pungutan maka ini yang mesti didukung perannya sebagai Ketua PMI. Sebab, jika masih saja terjadi maka sia sia darah yang disumbangkan tersebut," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: