Dicky Soerachman Pimpin RAPI Tulangbawang, Begini Amanatnya

Dicky Soerachman Pimpin RAPI Tulangbawang, Begini Amanatnya

Foto: Dicky Soerachman Pimpin RAPI Tulangbawang-(Sopian)-

RADARMETRO - Pada Rabu (31/1/2024) Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Drs. Qudrotul Ikhwan, M.M. menghadiri pelantikan dan pengukuhan Pengurus Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 08 periode  2024-2028.

Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut, dipusatkan di Aula Islamic Center Menggala, Kabupaten Tulangbawang.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Qudrotul Ikhwan menjelaskan RAPI merupakan komunikasi radio yang pada awalnya mempergunakan band frekuensi 26.968 – 27.405 MHz. Di negara asalnya, yaitu Amerika Serikat, lebih akrab dikenal dengan nama Citizen Band Radio (CB) sejak tahun 1958 silam.

secara resmi Radio CB telah dilegalisir 

penggunaannya sebagai peralatan komunikasi radio antar-penduduk. Sebagai organisasi, pengelolanya merupakan Federal Communication Commission (FCC) yang menjalankan tugas mengendalikan dan membina  para penggemarnya.

"Mulai era 1970-an penggunaan CB merambah ke bumi nusantara dan terus menjadi bertambah sempurna. Walaupun penggunaannya masih belum terkendali, karena belum mempunyai kepastian yang mengaturnya," ujar Qudrotul.

Perjalanan RAPI, kata dia, sangat luar biasa. Apalagi di tengah kemajuan teknologi komunikasi dunia, RAPI terus menunjukkan eksistensinya dan memberikan banyak manfaat positif. Terutama di saat emergency dalam  penanggulangan bencana dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Ngobrol Bareng Insan Pers, Kapolres Tulangbawang Siap Bangun Sinergitas

"RAPI tidak diintervensi oleh kepentingan pribadi dan golongan serta tidak ada motivasi sesaat. Namun RAPI memiliki program yang baik, tegas, dan jelas," ungkap Qudrotul. 

Tak hanya itu, menurutnya, RAPI banyak memberi kontribusi bagi daerah dan nasional. Terutama dalam kondisi-kondisi kurang baik. Seperti situasi bencana, darurat, dan lain sebagainya. 

"Saya berharap, RAPI terus bersinergi dengan pemkab untuk mewujudkan Kabupaten Tulangbawang sebagai Kabupaten Udang Manis (Unggul Damai Aman Nyaman Guyup Mandiri Agamis Natural Inovatif dan Sejahtera). Selain itu, RAPI diharapkan  mampu mengawal hajat negara yang sudah ada di depan mata, yaitu Pemilu dan Pilkada dengan aman, nyaman, dan terkendali," tutur Qudrotul. 

"Selamat kepada Ketua RAPI Terpilih Periode 2024-2028, Dicky Soerachman dan rekan-rekan. Semoga dapat menjalani amanah dengan baik dan sukses," ungkapnya mengakhiri sambutan. 

Di tempat yang sama Ketua RAPI terpilih, Dicky Soerachman mengatakan, RAPI Tulangbawang harus semakin solid serta bersosial-kemasyarakatan yang independen dalam hal pelaksanaan fungsi utama menyelengarakan komunikasi masyarakat.

Selaku ketua terpilih, ia menargetkan, RAPI selalu eksis di sepanjang zaman. Tercatat sekitar 1.800 anggota dengan latarbelakang kultur yang berbeda- beda. Perbedaan itu harus dapat menimbulkan rasa nasionalisme yang kuat. Sehingga membuat RAPI Tulangbawang makin solid dan kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: