Jokowi akan 'Blusukan' ke Lampung, Gubernur dan Bupati Kompak Melihat Jalan Rusak di Rumbia Lamteng

Jokowi akan 'Blusukan' ke Lampung, Gubernur dan Bupati Kompak Melihat Jalan Rusak di Rumbia Lamteng

Foto: Gubernur Lampung Arinal Junaidi didampingi Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad saat meninjau jalan rusak di Kecamatan Rumbia yang akan dilalui oleh rombongan Presiden RI Jokowi. Doc Humas Pemprov Lampung-(MH Naim)-

RADARMETRO - Kabar kerusakan sejumlah infrastruktur jalan di Provinsi Lampung akhirnya sampai ke telinga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Dikabarkan Jokowi bakal meninjau langsung jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah (Lamteng), pada Rabu 3 April 2023 mendatang.

Mendadaknya orang nomer satu di Indonesia itu ke Lampung lantas membuat kelabakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, hingga Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah. Bagaimana tidak, belakangan Lampung menjadi pusat perhatian karena jalan rusak parah tak kunjung diperbaiki.

Menjelang kedatangan Jokowi, sejumlah unsur Forkopimda Provinsi Lampung berbondong-bondong meninjau Jalan Rumbia, Lamteng pada Senin (1/4/2023), yang direncanakan menjadi salah satu titik kunjungan rombongan Jokowi.

Dalam peninjauan lokasi di Rumbia itu terlihat Gubernur Lampung Arinal Junaidi didampingi Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad. Selain itu juga nampak Kapolda Lampung Helmy Santika, Danrem 043 Gatam Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainudin, Sekda Lampung Tengah, Kepala Perangkat Daerah, dan unsur pemerintahan terkait.

BACA JUGA:PKS: Rapor Merah Kebijakan Ketenagakerjaan Jokowi

Arinal Junaidi menjelaskan, pada 2023 ini Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan pembangunan di beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangannya. Di antaranya ruas jalan Kota Gajah -Simpang Randu, Simpang Randu - Seputih Surabaya, dan Ruas Seputih Surabaya - Sadewa.

“Jalan di Rumbia ini sendiri sudah masuk dalam prioritas pembangunan salah satu ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah yaitu Ruas Simpang Randu- Seputih Surabaya yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung di tahun ini,” ujar.

Arinal juga mengatakan bahwa anggaran di Provinsi Lampung sebelumnya difokuskan untuk penanggulangan penyebaran Virus Covid-19. Sehingga pembangunan infrastruktur jalan bukan fokus utama.

“Namun akibat pandemi covid-19 dibeberapa tahun belakangan, dilakukan refocusing anggaran untuk diprioritaskan di bidang kesehatan yaitu penanggulangan covid-19, jaring pengaman sosial dan stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM,” jelanya.

Dengan hal itu, Pemprov Lampung akan bersinergi dengan Pemerintah Pusat untuk mempercepat pembangunan jalan mulai dari Kota Gajah sampai Sadewa, Lamteng. Arinal menambahkan, untuk kualitas jalan yang dihasilkan pihaknya akan menyesuaikan kebutuhan pengguna jalan.

“Pembangunan ruas tersebut akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN. Pembangunan ruas itu akan melalui struktur perkerasan jalan, baik flexible pavement maupun rigid pavement yang disesuaikan oleh kebutuhan dilapangan dan saat ini sedang dalam tahap rekonstruksi jalan,” tandasnya.

BACA JUGA:Komplotan Pencuri Spesialis Jagal Ternak di Kandang Diringkus Polisi

Berdasarkan informasi yang dihimpun radarmetro.disway.id, rombongan Presiden Jokowi nantinya akan mengunjungi beberapa wilayah di Provinsi Lampung. Dengan agenda memberikan bantuan sembako di Natar, Lampung Selatan dan meninjau jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: