Gelar Perkuliahan Tamu, Pendidikan Ekonomi UM Metro & UHAMKA Kuatkan Kolaborasi

Gelar Perkuliahan Tamu, Pendidikan Ekonomi UM Metro & UHAMKA Kuatkan Kolaborasi

Foto: Gelar perkuliahan tamu, Pendidikan Ekonomi UM Metro & UHAMKA kuatkan kolaborasi.-(Bungsu)-

RADARMETRO - Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammdiyah Metro berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka menyelenggarakan perkuliahan tamu.

Kegiatan ini dilaksanalan pada Senin (5/02/2024) bertempat di Gedung A Ruang Sidang A FKIP UHAMKA.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan dari Studi Wisata Pendidikan Ekonomi yang merupakan salah satu mata kuliah di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari UM Metro dan UHAMKA berjumlah 40-an mahasiswa. 

Tema utama kegiatan Perkuliahan Tamu ini yaitu "E-Commerce di Era Ekonomi Digital: Peluang dan Tantangan". Subtema (sesuai mata kuliah): 1). Ekonomi dan bisnis digital, & 2). E-Commerce

Narasumber pada kegiatan Perkuliahan Tamu ini yaitu Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro dan Camelia Safitri, M.Pd. yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA.

Penyampaian materi ke 1 disampaikan oleh Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd.

"Disadari atau tidak, kemunculan e-commerce ini memberi angin segar bagi setiap orang baik mereka yang menjadi konsumen atau pembeli tetapi juga bagi mereka yang menjadi produsen dan pebisnis. Bagaimana tidak? Aktivitas jual beli yang dahulu hanya bisa dilakukan secara tatap muka di suatu tempat, sekarang dapat dengan praktis dan mudah dilakukan secara online tanpa batasan tempat dan waktu serta dapat dilakukan dimana saja," ujarnya.

BACA JUGA:Petisi Peduli Demokrasi Oleh Forum Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Lampung

Kelebihan E-Commerce, 1) Menyediakan harga kompetitif, 2) Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah, 3) Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas, 4) Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon, 5) Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian, 6) Mempermudah kegiatan perdagangan. 

Tantangan E-commerce yaitu 1. Resiko Penipuan, Penipuan yang terjadi pada calon konsumen dapat mengakibatkan trust, atau kepercayaan dari konsumen tersebut hilang. 2. Persaingan dengan Kompetitor, Dengan semakin banyaknya penggiat E-Commerce, jangan heran jika akan semakin banyak orang yang menawarkan produk atau jasa yang serupa.

3. Menyelami Karakter Pembeli, Tantangan lainnya yang harus dihadapi oleh setiap pemilik usaha online adalah karakter dari pembeli. 4. Mengikuti Perkembangan Teknologi yang Berlangsung Pesat, Sebagai pelaku bisnis E-Commerce, dituntut untuk senantiasa responsif terhadap perkembangan teknologi.

Penyampaian materi ke 2 yaitu oleh Camelia Safitri, M.Pd.

"Penemuan internet pada tahun 1991 di zaman dahulu internet digunakan untuk browsing saja, sedangkan di zaman sekarang ini internet digunakan digunakan untuk sarana e-commerce juga," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: