Masa Pelunasan BPIH di Metro Segera Ditutup, Sisa 101 Kursi Haji Bakal Jadi Rebutan

Masa Pelunasan BPIH di Metro Segera Ditutup, Sisa 101 Kursi Haji Bakal Jadi Rebutan

Foto : Sejumlah CJH asal Kota Metro mulai melakukan persiapan ibadah haji dengan melaksanakan manasik haji. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro memastikan tahun ini mendapatkan sebanyak 384 kuota jemaah calon haji (CJH) yang akan diberangkatkan ke tanah suci.

Di mana dari jumlah tersebut 283 CJH telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Dengan kata lain terdapat sebanyak 101 CJH yang belum melunasi BPIH.

Dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kasi Urusan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Metro Nuryanah mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu informasi jumlah CJH Metro yang telah melunasi BPIH.

"Karena untuk tahap pertama batas waktu pelunasan BPIH hanya hingga 12 Februari 2024," terangnya, Rabu (7/2/2024).

Ia menjelaskan, untuk kelompok terbang (Kloter) pemberangkatan ibadah haji tahun ini direncanakan dimulai pada Bulan Mei 2024 mendatang.

BACA JUGA:SMSI Kota Metro Dapat Kehormatan Jadi Tim Penjemputan Habib Luthfi

Karenanya sejumlah persiapan terus dilakukan. Ini termasuk menunggu pelunasan BPIH oleh CJH Metro.

"Kalau saat ini masih proses pelunasan BPIH. Nanti rencana jemaah akan mulai pemberangkatan pada pertengahan Bulan Mei 2024," jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan informasi sementara terdapat sejumlah jemaah yang belum melunasi BPIH lantaran ada yang meninggal dunia.

"Jadi itu ada beberapa yang sudah meninggal, pindah, dan terlalu tua,  sehingga tidak istita'ah. Tapi ada juga CJH yang mutasi," ungkapnya.

Diakuinya, nantinya jemaah yang tidak melunasi BPIH akan digantikan dengan porsi tambahan.

"Jadi nanti CJH yang tidak melunasi BPIH akan terganti dengan porsi tambahan dan cadangan. Misalnya ada CJH yang meninggal bisa digantikan dengan anggota keluarganya," bebernya. 

Sementara itu, ditanya jumlah daftar tunggu (Waiting list), Nuryanah mengemukakan bahwa hingga kini jumlah peserta daftar tunggu CJH Kota Metro mencapai 23 tahun. 

BACA JUGA:Ribuan Warga Metro Utara Terima Bantuan Pangan Beras, Berikut Proses Penyalurannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: