Fenny Thresia Kolaborasi dengan Dosen Unila dan Universitas Teknokrat Indonesia

Fenny Thresia Kolaborasi dengan Dosen Unila dan Universitas Teknokrat Indonesia

Foto: Fenny Thresia Berkolaborasi dengan Dosen Unila dan Universitas Teknokrat Indonesia Menumbuhkan Komunitas Belajar-(Fenny)-

RADARMETRO - Pada hari Sabtu, 24 Februari 2024, Fenny Thresia, M.Pd., seorang dosen Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Muhammadiyah Metro, bersama dengan Annisa Yulistia dari Universitas Lampung, Neneng dan Ajeng Safitri Puspaningrum dari Universitas Teknokrat Indonesia, serta Nazimah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, telah menginisiasi pembentukan sebuah komunitas belajar di Bandar Lampung.

Kegiatan lokakarya komunitas belajar ini dihadiri oleh pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru dari sekolah-sekolah di Bandar Lampung dan sekitarnya.

Fenny Thresia, M.Pd., dalam penjelasannya menyebutkan bahwa tujuan utama dari pembentukan komunitas belajar ini adalah: Berbagi Informasi: Anggota komunitas akan mengumpulkan dan berbagi informasi terkait pertanyaan dan masalah praktik yang relevan.

Interaksi dan Kolaborasi: Komunitas ini akan mendorong interaksi dan Kolaborasi antara anggotanya untuk memulai proses belajar dan terus mengembangkannya.

BACA JUGA:Inovasi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro Menginspirasi Guru-guru di Kota Metro


--

Peningkatan Kompetensi: Anggota diharapkan dapat meningkatkan kompetensi diri melalui saling berbagi dan diskusi, serta mengintegrasikan pembelajaran dari komunitas ke dalam pekerjaan sehari-hari.

Ia  juga menyoroti peran penting kepala sekolah dalam komunitas belajar, seperti mendampingi guru dalam menerapkan pembelajaran terdiferensiasi, merefleksikan, mengevaluasi, dan menyusun perbaikan penerapan kurikulum Merdeka, serta mengelola sumber daya sekolah dengan efektif dan efisien.

Sementara itu, peran pendidik dalam komunitas belajar adalah menciptakan lingkungan kelas yang aman dan nyaman bagi peserta didik, mengimplementasikan pembelajaran terdiferensiasi sesuai kebutuhan, dan aktif mengembangkan diri dalam komunitas.

Destri Melyanda, S.I.Kom., selaku penanggung jawab kegiatan, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga SLB. Harapannya, pembentukan komunitas belajar di setiap sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

BACA JUGA:Dosen PBI UM Metro Kenalkan Gamification kepada MGMP Guru Bahasa Inggris SMK Kota Metro

Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini, komunitas belajar di Bandar Lampung dapat menjadi wahana yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: