Dosen PBI UM Metro Kenalkan Gamification kepada MGMP Guru Bahasa Inggris SMK Kota Metro

Dosen PBI UM Metro Kenalkan Gamification kepada MGMP Guru Bahasa Inggris SMK Kota Metro

Foto: Dosen UM Metro memberikan sesuatu yang baru kepada MGMP.-(Fenny)-

RADARMETRO - Dosen-dosen Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Muhammadiyah Metro telah mengadakan workshop yang bertujuan untuk memberikan penguatan kompetensi kepada guru Bahasa Inggris di SMK Kota Metro. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru Bahasa Inggris SMK dan berlangsung pada hari Jumat, 23 Februari 2024, di aula SMKN 4 Kota Metro.

Dosen-dosen yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Bambang Eko S, M.Pd., Eva Faliyanti, M.Pd.BI., Aulia Hanifah Qomar, M.Pd., Fenny Thresia, M.Pd., dan Dedy Subandowo, M.A. 

Workshop ini diinisiasi oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat di bawah kepemimpinan Bambang Eko, M.Pd.

Kegiatan ini mengusung tema "Penguatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris SMK Kota Metro melalui Pendampingan Berbasis Gamification dan Edutainment untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berdiferensiasi." 

Tujuan dari workshop ini adalah: Membedakan peran guru di abad ke-21 dibandingkan pada masa lalu, Menguraikan kompetensi yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi tantangan global, Menjelaskan kompetensi yang harus dimiliki guru selaku pendidik di era milenial, Menjalankan peran sebagai guru merdeka, Merancang proses pembelajaran berdasarkan metodologi standar "good practices." Mengembangkan kurikulum simultan terintegrasi dan Mengimplementasikan beragam metoda dan pendekatan proses belajar mengajar.

BACA JUGA:Kadiskes Kota Metro Sebut Pendirian Kedokteran di UM Metro Tingkatkan Perekonomian

Dalam penjelasannya, Ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Bambang Eko, M.Pd., menyatakan bahwa fokus pendidikan harus terletak pada peserta didik. 

Ia menekankan perlunya memprediksi kebutuhan masa depan yang penuh dengan persaingan dan ketidakpastian (VUCA). 

Kompetensi yang diperlukan harus mencakup pengetahuan, keterampilan, dan soft skills agar peserta didik dapat hidup mandiri dan kompetitif. 

Pada kegiatan ini guru-guru SMK diajak untuk praktik langsung penerapan gamification didalam proses pembelajaran.

Dedy Subandowo, M.A., menyoroti pentingnya merancang proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan masa kini dan mendatang, bukan berbasis pada masa lalu. Guru harus memahami beraneka ragam posisi dan peran TIK dalam konteks kegiatan pendidikan maupun pembelajaran serta guru juga mampu memanfaatkan beragam aplikasi dan fitur teknologi informasi untuk memfasilitasi proses belajar mengajar

Widiani Trisnaningsih, S.Pd.,M.Pd., memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh PBI UM Metro

Ia berharap kerjasama ini terus terjalin dan berlanjut untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kota Metro. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: