Fajrina Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UM Metro Ceritakan 1 Bulan Berjalan Mengikuti Kampus Mengajar 5

Fajrina Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UM Metro Ceritakan 1 Bulan Berjalan Mengikuti Kampus Mengajar 5

Foto : Fajrina Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UM Metro Mengikuti Kampus Mengajar 5-(Istimewa)-

RADARMETRO - Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan minat , semangat, dan keinginan mahasiswa. Program Kampus mengajar memberikan kesempatan terhadap mahasiswa untuk belajar diluar kelas selama 1 semester, sebagai mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang dapat dikembangkan menjadi inovatif kreatif dan tentunya mudah dipahami peserta didik.

Fajrina menyampaikan, "Saya Nur Fajrina Hidayati, Program studi Pendidikan Ekonomi, semester 4, saya mengikuti program kampus mengajar yang ditugaskan di SD Negri 2 Trimulyo, Sekampung Lampung timur.

BACA JUGA:PKS Daftarkan Bakal Calon Anggota Legislatif dengan Karnaval Budaya

Pada saat saya dan kelompok melakukan observasi sekolah yaitu selama seminggu kami, saat kami melakukan observasi kami memiliki banyak rintangan, dilihat dari kondisi sekolah tersebut yang fasilitasnya kurang mendukung seperti administrasi sekolah yang belum ada, jadwal piket anak dan jadwal kegiatan belajar mengajar guru, dinding kelas juga terlihat kosong karena kurangnya karya anak, perpustakaan yang sudah lama ditutup, UKS sekolah yang belum dimaksimalkan dan juga kondisi anak dalam literasi dan numerasi yang masih rendah, terdapat juga anak yang membutuhkan pendampingan khusus karena belum bisa membaca dan menulis, tambah Fajrina.

Fajrina juga menceritakan bahwa, "Sekolah penugasan kami berada didaerah agraris yaitu mayoritas penduduknya petani, anak anak yang sekolah di SD tersebut mayoritas anak dari seorang petani dan pedagang, kesadaran akan mengeyam pendidikan juga masih rendah, meskipun begitu didaerah tersebut sudah maju dalam sector perekonomian. Selama penugasan kami memiliki program kerja yang akan dilaksanakan dan kami kolaborasikan dengan bapak ibu guru. 4  komponen yang kami terapkan yaitu Literasi, Numerasi, adaptasi teknologi dan Administrasi sekolah, selain itu kami juga memiliki program mandiri dari kelompok, jadi masing masing dari kami memiliki program mandiri dan juga program kelompok yang akan kami kolaborasikan dengan bapak ibu guru, kami menerapkan 15 menit membaca sebelum belajar dan juga kami berkolaborasi dengan bapak ibu guru untuk pembacaan surat pendek sebelum memulai belajar, kami juga beriniasiatif menerapkan madding kreatif dan setiap minggu akan ada juara dalam setiap pengisian madding yang paling kretif, mengingat banyaknya siswa yang masih rendah dalam literasi kami menerapkan bengkel baca untuk menujang mereka dalam belajar selain itu ada program ODVL (one day visit library) yang mana dapat dilakukan setiap kelas berkunjung keperpustakan untuk membaca lalu diminta untuk menyimpulkan bacaan yang sudah mereka baca, karena perpustakaan yang sudah lama ditutup jadi kami menerapkan program penataan perpustakaan dan yang nantinya akan kami adakan pojok baca disetiap sudut kelas tujuanya memperbaiki literasi siswa dan menumbuhkan minat baca. Kegiatan yang sudah kami lakukan dalam minggu ke 7 ini sangat banyak seperti, pramuka, jumat bersih, jumat sehat, pesantren kilat, mengikuti kegiatan lomba desa, menghidupkan kembali UKS, pretest AKM, penataan perpustakaan, membantu administrasi sekolah.

BACA JUGA:Anies Baswedan: PKS Konsisten Perjuangkan Keadilan Kaum Buruh

Kami sangat bersyukur dapat bergabung menjadi bagian dari kampus mengajar angkatan 5, kami juga dapat pengetahuan baru dan juga mendapatkan pengalaman. Guru guru dan anak anak SD N 2 trimulyo juga menyambut baik kedatangan kami sehingga kami mudah untuk penerapan program kerja kami, melalui program ini kami dapat menerapkan strategi dan model pembelajaran yang sudah kami pelajari disemester sebelumnya, kami juga banyak mempelajari berbagai karakter anak, membagikan ilmu kami dan kami harap kami dapat menginspirasi mereka untuk menggapai cita cita mereka, tambah Fajrina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: