Sejarah Singkat Taman Purbakala Pugung Raharjo, Lampung Timur

Sejarah Singkat Taman Purbakala Pugung Raharjo, Lampung Timur

Foto: Punden Berundak di Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung-(Istimewa)-

Oleh :

Wiwit Asri Kusuma Wardani, Salsabillah Annisa Ramadhani, Dea Padira Alfi, Kiki Firmansyah, Rismawati Hidayah, Aulia Putri, Muhammad Aqil Maulana, Mariani Sihite

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang terletak di Lampung Timur.

Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo ditemukan pada tahun 1957 oleh Barno Raharjo, Sardi, Karjo, Sawal yang merupakan penduduk setempat yang terdiri atas warga transmigran.

Di Taman Purbakala Pugung Raharjo ini sebenarnya terdapat 13 punden berundak, namun yang dapat diselamatkan hanya 8 punden berundak.

Situs ini memiliki sejarah panjang serta meliputi berbagai periode peradaban manusia, mulai dari zaman megalitikum, zaman klasik hingga masuk nya agama islam ke wilayah tersebut.

Pada zaman megalitikum masyarakat yang ada di Pugung Raharjo membangun struktur megalitik, yang dimana struktur tersebut seperti batu-batu besar dan struktur kuburan yang menjadi ciri khas peradaban megalitikum. Terdapat artefak arkeologis pada zaman ini, seperti alat-alat batu serta kuburan.

Artefak arkeologis tersebut menunjukkan bahwa adanya keberadaan masyarakat yang memiliki sistem kepercayaan serta memiliki kebiasaan pemakaman yang unik (Maskun dkk, 2021).
Pada masa klasik, Lampung merupakan bagian dari kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Nusantara.

Pada zaman klasik, Taman Purbakala Pugung Raharjo kemungkinan merupakan pusat kegiatan sosial, budaya, dan agama masyarakat Lampung.

Situs ini mungkin digunakan sebagai tempat pemukiman atau pemakaman masyarakat kelas atas, mengingat adanya makam-makam batu yang ditemukan di situs tersebut.

Struktur bangunan di situs ini juga dapat memberikan gambaran tentang bagaimana masyarakat Lampung pada masa itu mengorganisir pemukiman mereka.

Ada kemungkinan bahwa situs ini memiliki bangunan-bangunan ritual atau keagamaan yang digunakan untuk upacara atau kegiatan keagamaan.

Artefak-artefak yang ditemukan di situs ini, seperti perhiasan, alat-alat rumah tangga, dan artefak keagamaan, juga memberikan gambaran tentang kehidupan sehari-hari dan kepercayaan spiritual masyarakat Lampung pada masa klasik.

Secara keseluruhan, Taman Purbakala Pugung Raharjo memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan dan budaya masyarakat Lampung pada zaman klasik, yang dapat membantu kita memahami sejarah dan perkembangan masyarakat di wilayah tersebut (Ekwandari & Triaristina, 2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: