SMP Muhammadiyah 1 Gisting Kebakaran, Kepsek: ”Murid Tetap Ujian Mid Semester”

SMP Muhammadiyah 1 Gisting Kebakaran, Kepsek: ”Murid Tetap Ujian Mid Semester”

Caption >>> TERBAKAR HEBAT SAAT SAHUR: Enam ruangan di area SMP Muhammadiyah 1 Gisting, Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, terbakar hebat saat warga menikmati santap sahur, Selasa (19/3/2024) dini hari.-(Ayp)-

RADARMETRO – Saat warga Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, asyik menikmati santap sahur, ternyata kobaran si jago merah juga tengah ”menyantap” sejumlah bangunan di SMP Muhammadiyah 1 Gisting, Selasa (19/3/2024) dini hari. Tepatnya sekitar pukul 03.30 WIB.

Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya enam lokal hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dan ruang kelas untuk kegiatan belajar-mengajar (KBM) selamat dari kebakaran. Sehingga pihak sekolah memastikan, aktivitas KBM tidak akan terganggu. Terlebih saat ini, para murid di SMP Muhammadiyah Pekon Gisting Bawah tengah melaksanakan ujian mid semester hingga enam hari ke depan. 

Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Talangpadang AKP Bambang Sugiono, S.H. membenarkan peristiwa kebakaran di SMP Muhammadiyah 1 Gisting tersebut. Kapolsek menegaskan bahwa tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa itu. Sebab kebakaran terjadi dini hari, di luar jam kegiatan sekolah. 

BACA JUGA:Awal Maret, Tubaba Turunkan Inflasi Hingga 25% Harga Bahan Pokok

”Nggak ada korban luka atau korban jiwa, karena terjadi saat dini hari. Kerugian material sedang dalam proses perhitungan. Kebakaran pertama kali diketahui warga sekitar tempat kejadian perkara (TKP) saat hendak santap sahur,” ujar kapolsek. 

Setelah menerima laporan dari warga terkait terbakarnya SMP Muhammadiyah 1 Gisting ini, aparat langsung bergerak cepat berkoordinasi dengan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tanggamus.

”Sebanyak tiga tim damkar tiba di TKP. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk memadamkan api yang telah membakar sekitar enam ruangan di dalam area sekolah tersebut. Beruntung seluruh ruang kelas untuk KBM kondisinya aman,” terang kapolsek.

Dari keterangan salah seorang warga sekitar TKP yang menjadi saksi kejadian, Endah (57), Kapolsek Talangpadang menuturkan bahwa api diduga berasal dari gedung kantin sekolah setempat. Lantas kobaran api membesar dan merambat ke bangunan di sebelahnya.

”Selama bulan Ramadan ini, kantin sekolah tutup. Penyebab kebakaran diduga sementara ini akibat korsleting arus listrik kantin,” sebut kapolsek lagi. 

Bambang Sugiono menambahkan, setelah menerima laporan kebakaran ini, Polsek Talangpadang segera mendatangi TKP guna membantu pemadaman, mengumpulkan bahan keterangan, berkoordinasi dengan damkar dan Polres Tanggamus, mengamankan barang bukti, mengamankan TKP, dan memproses laporan polisi (LP).

BACA JUGA:Granat Mesuji Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Mesuji Timur

Terpisah, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Gisting, Hartono, S.Pd. mengatakan, gedung area sekolah yang hangus terbakar totalnya ada enam gedung. Rinciannya adalah satu gedung kantin, dua lokal gudang penyimpanan alat-alat kesenian dan drumband, satu ruang solat siswi, satu ruang perpustakaan, dan satu ruang gudang penyimpanan buku-buku lama.

”Ruangan/lokal itu terbakar, karena posisinya berada dalam satu deretan dengan ruangan kantin sekolah. Sementara ruang kelas untuk KBM terpisah dari deretan, sehingga aman dari kebakaran dan para murid tetap bisa melaksanakan ujian mid semester,” tandas kepala sekolah saat berada di lokasi kejadian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: