Percepat Pengambilan Kebijakan, Diskominfo Segera Luncurkan Silat Komet

Percepat Pengambilan Kebijakan, Diskominfo Segera Luncurkan Silat Komet

Foto : Diskominfo Kota Metro tengah menyiapkan Strategi Integrasi Layanan Aplikasi Pemerintah Kota Metro (Silat Komet).-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) segera meluncurkan Strategi Integrasi Layanan Aplikasi Pemerintah Kota Metro (Silat Komet). Dimana dengan Aplikasi tersebut akan memudahkan dalam pengambilan kebijakan oleh pimpinan.

Kepala Diskominfo Kota Metro, Subehi mengatakan, untuk saat ini pihaknya tengah mengusulkan pembuatan payung hukum atas aplikasi tersebut. Ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari amanat Perpres No. 95 tahun 2018 tentang SPBE, kemudian amanat Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang 1 data Indonesia.

"Aplikasi Silat Komet ini dapat digunakan sebagai database dan dashbord kepada pimpinan. Ini dapat digunakan sebagai dasar pimpinan dalam menentukan kebijakan dengan cepat, tepat dan akurat. Karena data dalam sistem ini akan terintegrasi oleh semua OPD," jelasnya, Jumat (12/5/2023). 

BACA JUGA:Sepi Pelamar, Selter JPTP Kadisos Diusulkan Diperpanjang

Menurutnya, dengan sistem ini juga akan memudahkan pengawasan anggaran sehingga pengendalian lebih efektif dan efisien. Kemudian dapat menghemat dari sisi pembiayaan perawatan aplikasi dan lebih bisa bermanfaat dengan saling terintegrasi.

Ia menambahkan, pihaknya juga tengah menyiapkan percontohan berupa aplikasi di bidang kepegawaian berupa Portal PNS. Portal ini berfungsi sebagai daftar hadir pegawai terintegrasi dengan aplikasi atau E-Absensi.

"Selain itu juga ada aplikasi e-kinerja sebagai penilaian kinerja elektronik. Kemudian sudah ada juga aplikasi untuk pembuatan surat elektronik. Aplikasi ini saling terhubung ya, mudah dan itu juga nanti akan menjadi ukuran pemberian tunjangan penghasilan pegawai atau TPP," tukasnya.

BACA JUGA:Bahas Kurikulum Merdeka , Kepala KUI UM Metro Disambut Hangat Mahasiswa Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: