Dosen UM Metro Beri Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini berbasis Aplikasi

Dosen UM Metro Beri Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini berbasis Aplikasi

Foto: Dosen UM Metro Beri Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini berbasis Aplikasi--

RADARMETRO - Dosen Universitas Muhammadiyah Metro mengadakan kegiatan acara pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Anak Uisa Dini Melalui Aplikasi Ta’alumul Lughotul Arobiyah Lil Aulaad Bagi Guru PAUD IT AN NAWAWI Metro pada Rabu (08/3/2023) di Aula PAUD IT An Nawawi.

Pengabdian  kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan untuk memenuhi catur darma perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Metro. Adapun yang terlebat dalam kegiatan pelatihan pembelajaran bahasa arab anak usia dini melalui aplikasi ta’alumul lughotul arobiyah lil aulaad adalah ibu Nina Tisnawati, M.Pd.i, Bapak Dr. Ahmad Noor Islahudin, Lc,LLM, Bapak Doktor Garianto, M.Pd.I dengan jumlah peserta 16 guru dan staf serta lima orang mahasiswa.

Tujuan dari kegiatan pelatihan pembelajaran bahasa arab anak usia dini melalui salah satu aplikasi digital adalah  agar para guru di PAUD IT An Nawawi mudah untuk belajar bahasa arab ayng akan di ajarkan pada siswa siswinya agar mengenal bahasa arab sejak dini karena bahasa arab adalah bahasa al-Qur’an kitab suci umat islam dan untuk meningkatkan wawasan bagi guru-guru PAUD IT An Nawawi mengenai pembelajaran pada anak berbasis digital untuk meningkatkan inovasi kreatifitas pembelajaran.

Ibu Ria Mariyanti, S.Pd sebagai wakil kepala sekolah PAUD IT An Nawawi dalam sambutannya Mengucapakan banyak terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Metro yang telah memberikan ilmu yang luar biasa pada guru-guru  untuk belajar bahasa arab karena minimnya pengetahuan bahasa arab pada kami maka kami dengan senang hati akan belajar dan terus belajar agar dapat kami ajarkan kepada anak didik kami, semoga acara seperti ini terus di adakan dan silaturahmi kita tetap terjaga.

BACA JUGA:LPPM UM Metro Gelar Workshop Penyusunan Renstra Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Setelah pembukaan di lanjutkan pemateri Pertama oleh Bapak DR. Ahamd Noor lshudin, Lc.LLm yang menyampaikan materi mengenai pentingnya belajar bahasa arab, karena mempelajari bahasa arab adalah ciri khas anak-anak Pesantren dan dengan bahasa arab kita akan mendpakan banyak keuntungan dan mengenalkan aplikasi bahasa arab  untuk mudah di pelajari bagi guru-guru.

Narasumber yang ke dua adalah Bapak Dr. Garianto, M.Pd.I  menyampaikan  tentang guru PAUD harus memiliki inovasi dalam pembelajaran ada 5 inovasi untuk model pembelajaran pada anak agar lebih efektif yaitu 1. Meningkatkan keterlibatan peserta didik 2. Pembelajaran berbasis permainan 3. Pembelajaran multimodal 4. Pembelajaran Jarak jauh 5.Pembelajaran Berbasis Komunitas.

Narasumber yang ke 3 yaitu Ibu Nina Tisnawati memberikan pendampingan pada guru guru untuk belajar bahasa arab melalui aplikasi TA’alumul Luhgotul Arobiyah Lil Aulaad,, dengan permainan permainan di dalam aplikasi serta memberikan soal-soal dan juga penilaian jawaban dari para guru setelah mempelajari aplikasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: