Peringati HUT Satpol PP ke-74, Walikota Metro Ingatkan Soal Pengamanan Pilkada!

Peringati HUT Satpol PP ke-74, Walikota Metro Ingatkan Soal Pengamanan Pilkada!

Foto : Walikota Metro Wahdi memimpin acara peringatan HUT Satpol PP ke-74 di Samber Park Kota Metro, Senin (22/4/2024). -(Ria Riski A.P)-

RADARMETROWalikota Metro Wahdi mengingatkan seluruh jajaran anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk bersinergi dalam menjaga stabilitas keamanan.

Ini menyusul tahapan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan segera dimulai dalam waktu dekat.

Demikian disampaikan Wahdi dalam kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelematan ke-105, Satuan Polisi Pamong Praja ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-62 tahun 2024 yang digelar di Samber Park Kota Metro, Senin (22/4/2024).

Ia meminta kepada Satpol PP, Damkar dan Satlinmas bekerja sama dan bersinergi dengan TNI maupun Polri dalam menjaga stabilitas keamanan.

Ini mengingat proses Pilkada akan segera dimulai. Terutama nanti pasca mendekati Pilkada yang dalam proses penghitungan suara cukup berpotensi  menimbulkan konflik.

"Ancaman faktual pada masa penghitungan suara adalah penolakan hasil pemilu. Kemudian juga provokasi terhadap hasil-hasil pemilu dan sabotase," ungkapnya.

Menurutnya, potensi gangguan tersebut rentan terjadi karena faktor ketidakpuasan peserta pemilu terhadap hasil penghitungan suara.

BACA JUGA:Ambulance dan Sepeda Motor Terlibat Kecelakaan di Jalinbar Pringsewu

"Untuk itu saya menekankan kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas, agar selalu bersikap proaktif. Kemudian mencermati kondisi dan dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan," pesannya.

Tak hanya itu kepada jajaran Satpol PP, Wahdi juga mengingatkan agar selalu mengedepankan sikap humanisme dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Sementara kepada anggota Satlinmas, Wahdi juga mengingatkan agar senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi. Ini terutama  kondisi di wilayah tempat tinggalnya masing-masing.

"Ini sebagai deteksi dini dalam cegah  potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum," pesannya.

Diakui Wahdi bahwa pengalaman Pilkada sebelumnya akan menjadi landasan kuat bagi Satpol PP.

"Kemudian juga Satlinmas dalam menjalankan tugas-tugasnya secara efektif dan profesional. Namun dengan tidak mengenyampingkan sikap humanis kepada masyarakat," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: