Analisis Teori Wawasan Lingkungan Dalam Menanggapi Perubahan Iklim Global

Analisis Teori Wawasan Lingkungan Dalam Menanggapi Perubahan Iklim Global

Foto: Ilustrasi --

Kekeringan ekstrim akibat perubahan iklim diduga menjadi penyebab bencana kebakaran lahan dan hutan di lahan basah Sungai Musi sulit teratasi. 

BACA JUGA:Pengaruh Ketersediaan Sumber Daya Air Minum Terhadap Kesehatan Anak

Selanjutnya, aktivitas pertanian menjadi terganggu. Banyak sawah gagal panen atau tertunda masa tanamnya. Peternakan kerbau dan sapi juga terganggu, dikarenakan kekeringan menyebabkan pakan alaminya (rerumputan) mengering atau mati. Dan, populasi ikan air tawar pun menurun, sehingga musim kemarau yang sebelumnya merupakan perayaan panen ikan, sudah tidak dirasakan lagi masyarakat yang menetap di lahan basah Sungai Musi. 

Terdapat banyak dampak yang disebabkan pada perubahan iklim global ini. Perubahan iklim dapat sangat membahayakan untuk keberlangsungan makhluk hidup. Baik tumbuhan, hewan , maupun manusia.

Kurangnya wawasan, dan masyarakat yang kurang sadar ataupun peduli terhadap lingkungan , maupun sumber daya yang terbatas yang  menyebabkan sebuah masalah lingkungan dapat terjadi . 

Namun kita masih dapat berupaya untuk menghindari terjadinya perubahan iklim global ini. Menurut The Nature Conservancy ada beberapa upaya ataupun solusi untuk penanganan perubahan iklim global antara lain : 

1. Memaksimalkan kemampuan alam dalam menyimpan karbon 

2. Mempromosikan kebijakan energi bersih yang cerdas 

3. Menumbuhkan peralihan ke sistem pangan ramah lingkungan 

4. Memperkuat ketahanan habitat dan komunitas 

BACA JUGA:Pembangunan Berkelanjutan: Mengulas Visi Lingkungan Untuk Ibu Kota Nusantara Yang Cerdas dan Ramah Lingkungan.

Dengan memahami wawasan lingkungan serta masalah yang dapat ditimbulkan, kita dapat menyadari bahwa perlindungan dan pelestarian lingkungan sangat berpengaruh untuk kesehatan manusia, keberlangsungan makhluk hidup dan planet ini.

Dampak- dampak yang dihasilkan seperti perubahan iklim global memerlukan tanggapan yang efektif dari pemerintah, maupun masyarakat.

Upaya ataupun solusi yang telah di beri dapat membantu menanggulangi perubahan iklim, namun kesadaran dan tindakan setiap individu juga sangat penting untuk penanganan masalah lingkungan itu sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: