DKP3 Ingatkan Warga Metro Pilih Hewan Kurban yang Sehat, Berikut Ciri-Cirinya!

DKP3 Ingatkan Warga Metro Pilih Hewan Kurban yang Sehat, Berikut Ciri-Cirinya!

Foto : Kepala DKP3 Kota Metro saat dikonfirmasi awak media.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro mengingatkan masyarakat untuk memilih hewan yang sehat saat hendak berkurban. 

Dimana hewan yang sehat harus memenuhi beberapa kriteria. Ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran penyakit pada hewan kurban.

Demikian disampaikan Kepala DKP3 Kota Metro, Heri Wiratno dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Selasa (10/6/2024).

Ia mengatakan, hewan yang akan dikurban pada Hari Raya Idul Adha harus memenuhi kriteria sehat. Adapun ciri-ciri fisik hewan yang sehat antara lain memiliki mata yang bening.

"Kemudian bulu halus, tidak cacat fisik dan nabmfsu makan baik. Selain pembeli juga harus memperhatikan tinja pada hewan normal," terangnya. 

Tidak hanya itu, Heri juga mengingatkan bagi masyarakat yang hendak membeli hewan kurban dari luar daerah juga harus dilengkapi dengan Surat Keterangan Hewan (SKH).

"Jadi hewan dari daerah lain harus ada SKH yang menyatakan hewan tersebut sehat dari tempat asal," ungkapnya.

BACA JUGA:Awasi Pelaksanaan Kurban Jelang Idul Adha, DKP3 Kota Metro Terjunkan 95 Petugas!

Karenanya Heri mengimbau masyarakat yang akan berkurban untuk melaporkan ke DKP3. Ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan.

"Ya untuk masyarakat yang akan kurban agar melaporkan ke DKP3. Ini untuk periksaan kesehatan hewan kurban," bebernya.

Tak hanya itu, Heri kembali mengingatkan masyarakat agar membeli hewan kurban yang memiliki SKH. Ini terutama hewan kurban dari luar daerah.

"Bila membeli hewan kurban pastikan ada SKH-nya. Kemudian menjaga sanitasi kandang tempat penampungan agar tetap bersih," pesannya.

Sementara itu, untuk memantau kesehatan hewan kurban di Kota Metro pihaknya telah membentuk tim pengawas hewan kurban. Adapun jumlahnya mencapai 95 petugas.

"Petugas ini terdiri dari dokter hewan, petugas medik veteriner dan pendamping dari kelurahan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: