Kenali Gecom! Masakan Rumah Mudah Tauge dan Oncom Lestarikan Kuliner Khas Banten

Kenali Gecom! Masakan Rumah Mudah Tauge dan Oncom Lestarikan Kuliner Khas Banten

Foto: Destiana Raihan Afifah --

RADARMETRO - Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas makanannya sendiri, yang mencerminkan tradisi, bahan-bahan lokal, dan sejarahnya yang unik. Mencintai makanan daerah bukan hanya tentang memuaskan selera, tetapi juga tentang menghargai warisan budaya bangsa.

Makanan daerah adalah jendela untuk memahami kehidupan masyarakat di suatu daerah, cara mereka melestarikam, dan bagaimana mereka menjaga kebudayaan dengan lingkungannya.

Banten, provinsi di ujung barat Pulau Jawa, terkenal dengan kekayaan budayanya, termasuk kulinernya yang khas dan lezat. Salah satu hidangan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Banten adalah Gecom. Simbol kesederhanaan dan kearifan lokal masyarakat Banten.

Gecom sudah dihidangkan sejak zaman Kesultanan Banten dan pada masa itu hidangan ini disantap oleh para Bangsawan. Namun beberapa teori menyebutkan bahwa hidangan ini berawal dari hidangan rakyat sederhana yang memanfaatkan bahan-bahan lokal yang mudah didapat, yaitu tauge dan oncom.

BACA JUGA:Inilah Sisi Positif Dan Negatif Tanaman Hias Di Dalam Ruangan Yang Perlu Diketahui

Saat ini masyarakat dapat menikmati Gecom yang dapat ditemukan di beberapa daerah di Banten, seperti Serang, Tangerang, dan Cilegon.

Nama "Gecom" merupakan singkatan dari tauge dan oncom, dua bahan utama yang menjadi ciri khas hidangan ini. Oncom seringkali dipandang sebelah mata. Di balik kesederhanaannya oncom merupakan sumber protein nabati yang berlimpah dibuat dari fermentasi kacang kedelai. Oncom juga mengandung prebiotik yang merupakan makanan bagi bakteri baik di usus.

Sejak lama oncom menjadi bagian dari kuliner budaya masyarakat Banten. Sedangkan tauge, dengan teksturnya yang renyah, menambah kelezatan di setiap suapannya.

Tauge menyimpan segudang nutrisi dan manfaat, mengandung serat yang tinggi membantu melancarkan pencernaan dan membuat kenyang lebih lama. Tauge kaya akan vitamin C, B kompleks, dan vitamin K, mineral penting seperti fosfor, magnesium, dan kalium.

Perbedaan Gecom dengan tauge goreng khas daerah lain adalah perbedaan kecap manis yang digunakan. Gecom Banten lebih sedap dimasak dengan kecap khas Banten yakni kecap merk SH. Di balik rasa manis yang khas, terdapat sejarah dan tradisi turun-temurun yang membuat kecap merk SH menjadi bagian integral dari budaya kuliner Banten.

Proses pembuatan kecap merk SH masih dilakukan secara tradisional, dengan fermentasi alami selama berbulan-bulan, sehingga menghasilkan rasa yang khas dan kaya. Kecap manis SH memiliki rasa manis yang seimbang, tidak terlalu pekat, dan aroma yang harum. Warna kecap merk SH lebih gelap dibandingkan dengan kecap manis pada umumnya.

BACA JUGA:Rahasia Sukses Agribisnis Berbasis Komoditas di Kabupaten Wonogiri

Bagi kamu yang sedang menjelajahi Banten. Jangan sampai melewatkan Gecom kuliner khas Banten satu ini. Namun jika kamu sedang tidak di Banten, kamu juga dapat membuat hidangan ini dengan mudah di rumah. Masakan yang hemat dan terjangkau.

Resep Gecom kemungkinan besar diturunkan dari generasi ke generasi ibu-ibu di Banten. Gurihnya oncom, tauge yang renyah, dan sedikit manis dari Gecom cocok untuk disantap seluruh anggota keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: