Kenali Gecom! Masakan Rumah Mudah Tauge dan Oncom Lestarikan Kuliner Khas Banten

Kenali Gecom! Masakan Rumah Mudah Tauge dan Oncom Lestarikan Kuliner Khas Banten

Foto: Destiana Raihan Afifah --

Resep sederhana ini sesuai dengan tujuan ibu-ibu yang ingin menyajikan makanan yang disukai semua orang di rumah. Membuat Gecom terbilang mudah. Proses pengolahan Gecom pada wajan yang datar menjadi teknik sebagai pencampur bumbu dan penggorengannya.

Langkah-langkah untuk memasak Gecom mudah di rumah. Pertama, Iris tipis-tipis bumbu yaitu 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 buah cabai merah, dan 2 buah cabai rawit. Haluskan semua bumbu tersebut menggunakan blender atau ulekan hingga tercampur halus.

Kedua, panaskan minyak goreng di wajan yang datar dengan api sedang sebagai teknik memasak Gecom. Masukkan bumbu halus dan tumis bumbu hingga beraroma harum dan berwarna kecoklatan. Selanjutnya, masukkan 1 papan oncom yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam tumisan bumbu halus dan masak oncom hingga lunak.

Disarankan untuk menggunakan oncom yang sudah matang agar tidak berbau pesing. Tambahkan air secukupnya tuangkan sedikit ke dalam tumisan oncom. Masak tumisan oncom hingga matang dan air menyusut. Keempat, masukkan 100gram tauge ke dalam tumisan oncom. Aduk rata dan masak sebentar hingga tauge layu.

BACA JUGA:Keunikan Burung Finch di Galapagos, Inspirasi Awal Teori Charles Darwin

Tambahkan penyedap rasa garam, lada dan gula secukupnya sampai bumbu meresap. Tambahkan 1sdm gula merah, tauco dan kecap merk SH sesuai selera. Kecap merk SH menjadi kunci untuk memperkaya cita rasa Gecom khas Banten. Langkah terakhir, angkat Gecom dari wajan dan sajikan selagi hangat, Gecom siap dinikmati.

Untuk menambah cita rasa anda dapat menambahkan bahan lain sesuai selera, seperti daun bawang, daun kemangi, atau tomat. Jika tidak menyukai tauco, anda bisa menggantinya dengan hanya menggunakan kecap manis.

Untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah, Oncom dapat dimasak terlebih dahulu sebelum dimasak dengan tauge. Gecom biasanya disajikan lebih sedap dengan nasi hangat, ketupat, lontong, kerupuk, dan sambal. Sajikan Gecom selagi hangat untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Banyak variasi yang anda dapat masak dengan Gecom seperti Gecom pedas, anda dapat menambahkan cabai rawit dengan jumlah yang lebih banyak dan disajikan dengan sambal untuk membuat cita rasa Gecom yang lebih pedas. Gecom manis, Gecom manis biasanya disukai oleh kalangan anak-anak.

Tambahkan gula merah dan kecap lebih banyak untuk membuat Gecom yang terasa lebih manis. Gecom goreng, dapat disajikan dengan cara digoreng seperti bakwan. Celupkan Gecom ke dalam adonan tepung basah hingga terlapisi rata.

BACA JUGA:Konsep Dasar Ilmu Lingkungan

Gecom yang sudah dilapisi tepung digoreng hingga kuning keemasan dan siap disajikan menjadi Gecom goreng. Dan Gecom bakar menjadi inovasi Gecom terkini. Gecom yang dibakar memiliki cita rasa sentuhan smokey yang khas. Bakar Gecom di atas panggangan arang atau kompor gas dengan api sedang. Bolak-balik Gecom secara teratur agar matang merata dan tidak gosong.

Gecom juga menjadi hidangan favorit di acara-acara keluarga dan hajatan seperti pernikahan, syukuran, dan perayaan lainnya. Hidangan yang diolah dari bahan-bahan sederhana, namun dengan penuh cita rasa. Menjadi pengingat bagi masyarakat Banten untuk selalu menghargai kekayaan budaya mereka.

Kuliner Gecom, hidangan khas Banten memiliki potensi untuk menarik lebih banyak konsumen. Untuk melestarikannya dengan membuka lebih banyak outlet di berbagai lokasi, baik di dalam maupun di luar Banten.

Menawarkan layanan catering untuk acara-acara besar atau kecil dapat memperkenalkan Gecom kepada lebih banyak orang. Mendukung UKM yang memproduksi Gecom agar mereka dapat terus memproduksi hidangan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: