Jelang Pilkada Metro, Polres Perkuat Sinergi Antar Penyelenggara Pemilu

Jelang Pilkada Metro, Polres Perkuat Sinergi Antar Penyelenggara Pemilu

Foto : Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho, meningkatkan sinergitas dengan Bawaslu Metro. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada), Kepolisian Resort (Polres) Kota Metro kembali memperkuat sinergitas antar penyelenggaraan pemili. 

Kali ini sinergitas dilakukan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro. Langkah tersebut dilakukan dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Pilkada pada November 2024 mendatang.

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho, mengatakan kedatangannya ke Bawaslu dalam upaya kepolisian untuk mengantisipasi potensi pelanggaran. Ini seperti gangguan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam proses pilkada. 

"Koordinasi kita terkait tahapan Pilkada kedepan. Jadi setiap potensi pelanggaran, nanti kita upayakan pencegahan terlebih dahulu," katanya.

BACA JUGA:Pesta Berujung Duka, Pistol Anggota DPRD Lamteng Tewaskan Warga

Menurutnya, dalam kunjungan tersebut juga dilakukan komunikasi terkait kendala gangguan kamtibmas dalam menghadapi Pilkada. 

"Jadi tujuan kami juga dilakukan untuk menjalin sinergi bersama Bawaslu, khususnya dalam mempersiapan pilkada mendatang," ujarnya. 

Oleh karenanya, lanjut Kapolres akan memberikan pengamanan secara penuh dalma proses Pilkada mendatang. 

"Disamping itu terkait Gakkumdu, kami akan memaksimal personil di kepolisian. Ini terutama untuk pencegahan dan sosialisasikan ke  masyarakat," bebernya. 

Ia menambahkan pengamanan akan dilakukan dalam proses sosialisasi dan pengawasan oleh Bawaslu. Karenanya Polres Metro telah mempersiapkan strategi, pola pengamanan dan pemetaan kerawanan Pilkada. 

BACA JUGA:Dishub Metro Catat 55 Kendaraan Tak Lolos Uji KIR

"Pengamanan ini dilakukan dengan memprogramkan Command Center untuk para stakeholder seperti Forkompimda. Pemanfaatan Command Center ini sangat membantu untuk optimalisasi komunikasi dan koordinasi. Sehingga informasi mendapat respon cepat dan terkordinasikan," paparnya. 

Ia berharap dengan koordinasi tersebut akan dapat meningkatkan kerjasama dalam penyelenggaraan Pilkada kedepan. 

"Sehingga pemilihan walikota dan wakil walikota dalam terselenggara dengan lancar dan sukses," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: