Tekan Angka Inflasi di Kota Metro, Disdagsar Buka Toko MAPAN

Tekan Angka Inflasi di Kota Metro, Disdagsar Buka Toko MAPAN

Foto : Dalam rangka menekan angka inflasi, Pemkot Metro melalui Disdagsar Buka Toko MAPAN di Lantai II Pasar Cenderawasih Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Perdagangan (Disdag) terus melakukan upaya pengendalian inflasi di kota setempat. 

Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan membuka Toko Metro Maju Antisipatif dan Pengendalian Harga Pangan (MAPAN).

Di mana di toko ini menyediakan aneka kebutuhan pokok makanan dengan harga lebih murah dibandingkan harga di pasaran. Adapun toko ini berada di lokasi Lantai 2 Pasar Cendrawasih Kota Metro.

Demikian disampaikan Kepala Disdag Kota Metro, Elmanani, Kamis (11/7/2024). Ia mengatakan, di lokasi Toko MAPAN menyediakan aneka  kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Adapun beberapa kebutuhan pokok tersebut antara lain cabai, bawang merah, telur, gula, minyak goreng, dan tepung terigu.

"Toko MAPAN ini buka dan beroperasi setiap hari. Berbeda dengan kegiatan  operasi pasar yang hanya beberapa kali dalam sebulan. Nah di Toko MAPAN ini masyarakat bisa membeli bahan pokok setiap hari," katanya.

BACA JUGA:Pj Bupati Pringsewu Pimpin Rapat Pengembangan Usaha UMKM

Menurutnya, dipilihnya lokasi Lantai 2 Pasar Cendrawasih sebagai lokasi Toko MAPAN dilakukan untuk menarik pengunjung. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan keramaian di lokasi tersebut.

"Kita tahu di lantai 2 Cendrawasih ini kan sebelumnya sepi. Nah, dengan adanya Toko MAPAN kita berharap bisa menarik pengunjung dan meningkatkan ekonomi di sekitar sini," tuturnya.

Lebih lanjut, Elmanani mengemukakan dalam menurunkan angka inflasi pihaknua juga telah melakukan beberapa upaya.

Langkah tersebut salah satunya dilakukan dengan memantau harga bahan pokok secara harian. Kemudian menginformasikannya kepada masyarakat melalui media sosial seperti Instagram, Facebook maupun siaran Radio Metropolis. 

"Tujuannya untuk memberikan informasi secara transparan dan terkini kepada masyarakat, tentang harga bahan pokok setiap harinya," katanya. 

Tidak hanya itu, lanjut Elmanani, upaya lain juga dilakukan dengan bekerja sama dengan Satgas Pangan Polres Metro untuk terus memantau stok bahan pangan. 

"Kegiatan ini bertujuan agar tidak terjadi penimbunan barang oleh oknum, sehingga dapat mengakibatkan kelangkaan," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: