Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Gelar Rakornas

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Gelar Rakornas

Foto: Rapat Koordinasi Nasional -(Hermansyah)-

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah melalui Forum Pimpinan Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) dan Seminar Nasional AIK PTMA mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).

Acara yang digelar di Hotel Jayakarta Lombok tersebut diikuti oleh Wakil Rektor/Ketua bidang AIK dan BPH serta ALAIK seluruh Indonesia.

Acara yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) tersebut digelar selama tiga hari dimulai 19 hingga 21 Agustus 2024.

Adapun tema acara tersebut yakni Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan, Tata Kelola AIK, serta AIK Sebagai Living Values dan Pendidikan AIK Multidispliner.

Dalam pembukaan Rakornas, Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, MA menyampaikan laporan perkembangan Ummat, dalam merealisasikan program AIK di kampus.

Ia menyebut bahwa Ummat senantiasa mengadakan kegiatan dalam hal penguatan AIK baik itu untuk mahasiswa, karyawan, dosen sampai dengan pimpinan.

"Kegiatan AIK yang telah kami lakukan diantaranya, Baitul Arqam Mahasiswa, dosen, lembaga kemahasiswa sampai karyawan," ujarnya.


--

BACA JUGA:Bau Busuk Disdikbud Lamteng Mulai Terkuak, Diduga Ada Setoran Kepsek

"Kami juga mengadakan Darul Arqam untuk Pimpinan. Kemudian sertifikasi Al-Qur’an bagi dosen dan mahasiswa, Tahfidz, KajianMu setiap Jumat, dan Pembinaan ortom dan kaderisasi,"  papar Rektor Ummat.

Sementara itu, turut hadir Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Ahmad Muttaqin, PhD dalam pembukaan Rakornas Pimpinan AIK PTMA.

Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa pentingnya menjadikan AIK sebagai arus utama dalam PTMA.

"Kita harus senantiasa menjadikan AIK sebagai ruh, spirit, nilai-nilai yang menghidupi dan menjiwai seluruh gerak akademik. Yaitu dalam penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat," ujarnya.

Ahmad Muttaqin juga mengatakan, bahwa perlu diadakan komunikasi secara intens antara Lembaga Asosiasi Al-Islam Kemuhammadiyahan (ALAIK) dengan para Pimpinan AIK di PTMA. Terlebih ALAIK dapat menginisiasi sertifikasi bagi dosen-dosen AIK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: