Tingkatkan Kesejahteraan KPM PKH, Tim Dosen STIPER Dharma Wacana Gelar Kegiatan PMP 2024

Tingkatkan Kesejahteraan KPM PKH, Tim Dosen STIPER Dharma Wacana Gelar Kegiatan PMP 2024

Foto : Tin Dosen STIPER Dharma Wacana Kota Metro menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) 2024 di Kelompok Sayuran KPM PKHPKH di RW 02, Kelurahan Karangrejo, Metro Utara, Kota Metro, Lampung.-(Ria Riski A.P)-

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Tim Dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Dharma Wacana Kota Metro menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) tahun 2024.

Kegiatan PMP tersebut dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kelompok penerima manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Kota Metro.

Kegiatan PMP oleh Tim Dosen STIPER Dharma Wacana yang terdiri Dr. Ir. Etik Puji Handayani, M.Si, Krisnarini, S.P., M.Si dan Tri Aristi Saputri, S. Kom., M. Ti, dilaksanakan pada Kelompok Sayuran KPM PKH, RW 02, Kelurahan Karangrejo, Metro Utara, Kota Metro, Provinsi Lampung. 

Adapun kegiatan PMP tersebut berjudul Peningkatan Nilai Ekonomi Sayuran dan Teknik Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan KPM PKH.

Tim Dosen STIPER Dharma Wacana Metro, Dr. Ir. Etik Puji Handayani, M.Si, mengatakan kegiatan PMP tersebut bertujuan untuk memperkuat ekonomi lokal. 

Di mana pelaksanaan PMP dilakukan dengan memberikan pelatihan intensif pada strategi pemasaran online dan peningkatan kualitas packaging sayuran.

"Dalam program ini kami juga melibatkan mahasiswa untuk belajar di luar kampus dan mendapat Rekognisi SKS dari Program Studi," terangnya. 


--

BACA JUGA:Pendaftaran Resmi Ditutup, 1.843 Pelamar Siap Rebutkan 100 Formasi CPNS di Kota Metro!

Menurutnya, salah satu aspek penting dari program PMP ini adalah pengenalan teknik pemasaran yang lebih canggih.

Di mana para peserta diajarkan tentang pentingnya branding, packaging, dan strategi penjualan yang dapat menarik perhatian konsumen.

Selain itu, kata dia, pelatihan ini juga mencakup cara memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan produknya secara lebih luas. Sehingga membuka akses ke pasar yang lebih besar.

"Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan para petani, khususnya pada Kelompok Sayur KPM PKH, tetapi juga untuk memperkuat ketahanan ekonomi komunitas," bebernya. 

Selanjutnya, dengan kemampuan baru yang diperoleh tersebut diharapkan para Kelompok Sayur KPM PKH dapat meningkatkan kualitas produknya, dan memperoleh harga yang lebih baik di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: