Penelitian Unggul UM Metro, Berkat Dukungan DIKTI, Berikan Solusi untuk Pendidikan

Penelitian Unggul UM Metro, Berkat Dukungan DIKTI, Berikan Solusi untuk Pendidikan

Foto: Penelitian Unggul UM Metro, Berkat Dukungan DIKTI, Berikan Solusi untuk Pendidikan-(Baihaqi)-

TANGGAMUS, RADARMETRO.DISWAY.ID – Para peneliti dari Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) berhasil merampungkan penelitian bertajuk

“Pengembangan E-LKPD Pembelajaran IPA berbasis Sosio Scientific Issue Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Kurikulum Merdeka” yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (DIKTI) dengan nomor kontrak Nomor 133/II.AU/C/LPPM/2024.

Penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa Pascasarjana Program Pendidikan IPA yang bernama Sukmanah Chomsun di bawah bimbingan Dr. Dasrieny Pratiwi, M. Pd. dan Dr. Friska Octavia Rosa, M.Pd. ini telah berhasil mengungkap temuan-temuan menarik yang berpotensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Tanggamus, Lampung.

mengevaluasi penunjang pembelajaran dan penggalian potensi yang dapat mendukung upaya peningkatan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Dengan menerapkan rekomendasi ini, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tanggamus, Lampung, dapat ditingkatkan secara signifikan.

Temuan penelitian ini dapat menjadi landasan kuat untuk reformasi kebijakan pendidikan sains di tingkat nasional dan daerah. 

BACA JUGA:Wakil Rektor AIK & Kerjasama UM Metro Terpilih Jadi Ketua FORPIM AIK PP Muhammadiyah


--

Rendahnya tingkat literasi sains dan keterbatasan penunjang pembelajaran yang teridentifikasi dapat mendorong pemerintah untuk mengalokasikan sumber daya lebih banyak untuk pendidikan sains. 

upaya ini meliputi peningkatan anggaran untuk pengadaan fasilitas laboratorium, pengembangan bahan ajar yang kontekstual, dan program pelatihan guru yang intensif.

Selain itu, hasil penelitian ini dapat memotivasi pengembangan kebijakan yang mendorong kolaborasi antara sekolah, dan lembaga penelitian untuk memperkaya pengalaman belajar sains siswa.

Kebijakan yang mendukung integrasi isu-isu sosio-saintifik ke dalam kurikulum juga dapat dikembangkan, mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan kompleks di era modern.

Dalam konteks praktik pembelajaran di sekolah, hasil penelitian ini dapat menstimulasi inovasi pedagogis yang signifikan. 

Guru-guru dapat didorong untuk mengadopsi pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dan pemecahan masalah yang mengintegrasikan isu-isu sosial kontemporer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: