Kepala Desa Yang Tidak Netral Dalam Pilkada Akan Dikenakan Pemecatan.

Kepala Desa Yang Tidak Netral Dalam Pilkada Akan Dikenakan Pemecatan.

Foto: Kepala Desa Yang Tidak Netral Dalam Pilkada Akan Dikenakan Pemecatan.-(Rusman)-

TUBABA, RADARMETRO.DISWAY.ID - PJ Bupati Tulangbawang Barat (TUBABA) Lampung, M. Firsada, ancam seluruh Kepala Tiyuh (Desa) dan Perangkat, yang  tidak netral dalam pilkada 27 November 2024 mendatang dapat dipidana hingga pemecatan

Hal tersebut disampaikan M.Firsada, saat menghadiri acara Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tubaba yang menggelar sosialisasi dan ikrar netralitas kepala Tiyuh (Desa) se Kabupaten. 

Menurut nya, pemilihan serentak yang dilaksanakan di tahun 2024 ini merupakan momentum penting dalam demokrasi.

Sebagai kepalo tiyuh, memiliki peran yang sangat strategis dalam proses ini, berinteraksi langsung dengan masyarakat dan memiliki pengaruh signifikan dalam membangun kesadaran politik, serta memberikan pemahaman yang tepat tentang pentingnya partisipasi dalam pemilihan.

BACA JUGA:Pj Bupati Tuba Hadiri Pendistribusian Bantuan Bedah Rumah, UMKM, dan Bantuan Pendidikan

Dengan demikian saya ingatkan kita semua bahwa dalam menyongsong pemilihan ini, netralitas adalah hal yang sangat krusial.

Kepala tiyuh tidak hanya diharapkan untuk menjaga netralitas pribadi, tetapi juga dapat  menciptakan suasana damai dan kondusif di tiyuh masing-masing.

“Setiap calon pemimpin yang akan muncul di pemilihan tentunya memiliki hak yang sama untuk mendapatkan dukungan, tanpa adanya sikap keberpihakan dari aparatur pemerintah tiyuh” Kata Firsada. 

Sebab itu, upaya menjaga kepercayaan masyarakat, pada hari ini kita akan melakukan ikrar netralitas.

Ini bukan hanya sekedar seremonial, tetapi merupakan komitmen kita bersama untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab secara profesional

“saya tegaskan bagi siapapun Kepala tiyuh dan perangkatnya yang melanggar netralitas dalam Pilkada dapat dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu berupa sanksi pidana dan hukuman disiplin yang berujung hingga pemecatan” Tegasnya. 

BACA JUGA:ASN Pemkab Pringsewu Ikrar Netralitas

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tubaba Agus Tomi, dalam sambutannya mengatakan. Tujuan sosialisasi ini tentunya untuk kepala tiyuh khususnya dapat memposisikan diri dengan baik di dalam melaksanakan penyelenggaraan Pilkada baik itu Pilgub maupun Pilbup.

“Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini menjadi komitmen bersama kita baik itu stakeholder ataupun kepala tiyuh agar sama-sama dapat berkomitmen menjaga netralitas dan dapat mensukseskan Pilkada” Imbuhnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: