Pecahkan Rekor MURI, Kejurnas Catur ke-49 Dibanjiri Ribuan Peserta

Pecahkan Rekor MURI, Kejurnas Catur ke-49 Dibanjiri Ribuan Peserta

Foto: Foto: Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-49 2023 di Jakarta.-(MH Naim)-

RADARMETRO – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-49 Jakarta diikuti 1.506 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia yang akan bertanding sejak 14 Maret hingga 19 Maret 2023. 

Jumlah itu melampaui catatan Musium Rekor Indonesia (MURI) sebelumnya. Di mana ajang serupa yang berlangsung di Jawa Timur tercatat oleh MURI sebagai kejuaraan catur dengan peserta terbanyak.

“Kami berhasil memecahkan Rekor MURI sebelumnya di Jawa Timur dengan junlah 1.300 peserta,” ujar ketua pelaksana Kejurnas Catur ke-49 Jakarta Pandapotan Sinaga.

Ribuan pecatur itu akan memperebutkan total hadiah Rp300 Juta. Selain itu, pihak PB Percasi juga menjanjikan para jawara akan diberangkatkan dalam ajang catur tingkat internasional.

“Saya dan ketua umum Percasi akan menggaransi untuk juara satu senior putra dan putri kita ikutkan ke Olimpiade Catur, lalu juara satu Kelompok Umur 7, 9, 11, 13, 15, 17, dan 19 putra atau putri kita ikutkan ke kejuaraan junior di level Asia,” ungkap Ketua Harian PB Percasi Agustiar Sabran.

BACA JUGA:Terbanyak di Lampung, Kota Metro Kirimkan 6 Pecatur Terbaiknya di Ajang Kejurnas ke-49 Jakarta

 

Seremonial pembukaan Kejurnas Catur 2023, secara resmi dibuka oleh Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Senin (13/1/2023), sehari sebelum dimulainya pertandinagan di masing-masing kategori yang diperlombakan. 

Dalam sambutanya, Pj Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, momentum Kejurnas ini juga sebagai mana melahirkan bibit pecatur andalan di Indonesia. Dengan harapan, dapat membawa nama baik Indonesi di ajang bergengsi tingkat internasional.

“Saya ucapkan selamat bertanding, semoga Kejurnas ini bermanfaat untuk melahirkan bibit-bibit catur nasional maupun internasional. Saya berikan semangat untuk para pecatur muda, semoga bisa menjadi penerus yang mengharumkan nama Indonesia. Selamat bertanding,” ungkapnya. 

Pada kesmepatan itu, turut hadi Ketua DPRD H Prasetyo Edi Marsudi, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, Ketum PB Percasi Utut Adianto dan anggota DPR H Agustiar Sabran.

"Mudah-mudahan dari Kejurnas Catur 2023 ini lahir Grand Master hebat yang bisa mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara dunia. Mudah-mudahan kita segera menjadi kekuatan utama catur di Asia dan dunia," ujar Utut Adianto saat menyampaikan sambutanya.

BACA JUGA:Dua Pesepakbola Asal Punggur dan TUBA Melaju ke Seleksi Timnas Pelajar Indonesi U18

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: