Waspada! Masyarakat Diimbau Segera ke Faskes Jika Tergigit Hewan Rabies

Waspada! Masyarakat Diimbau Segera ke Faskes Jika Tergigit Hewan Rabies

Foto : Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro Eko Hendro Saputro dikonfirmasi awak media, Jumat (23/6/2023).-(Ria Riski A.P)-

Ia menjelaskan, bagi hewan yang terpapar virus rabies tersebut memiliki beberapa gejala. Hewan akan menjadi lebih agresif, tidak tenang, dan menggigit apa saja yang ada di sekitarnya. 

"Selain itu juga produksi air liur akan berlebihan. Hewan ini juga cenderung menyendiri, takut air dan cahaya, serta ekornya ditekuk di antara kaki belakang," paparnya. 

Diakuinya, upaya pencegahan penularan penyakit rabies juga telah dilakukan setiap tahunnya. Langkah tersebut dilakukan dengan vaksinasi rabies kepada hewan pemeliharaan seperti anjing, kucing, dan kera. 

"Vaksin ini kita berikan secara gratis. Biasanya vaksinasi rabies kita lakukan di bulan September. Tapi kalau vaksinnya ada bisa kita berikan," ujarnya. 

Meski demikian, tambahnya, upaya pencegahan juga tidak harus dilakukan oleh masyarakat. Ini dengan menjaga dan merawat hewan peliharaannya dengan baik. 

BACA JUGA:BPPRD Metro Beri Stimulus PBB-P2 hingga 70 Persen, SPPT Dalam Proses Cetak

"Selain itu pemilik hewan juga harus bertanggungjawab dengan hewannya. Jangan diliarkan karena itu bisa membahayakan orang lain. Kemudian beri makan yang cukup agar tidak keluar rumah," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: