Festival Putri Nuban 2023 Hadirkan Kolaborasi Komunitas Literasi

Festival Putri Nuban 2023 Hadirkan Kolaborasi Komunitas Literasi

Foto: Terlihat anak-anak dalam mengikuti kegiatan yang diprakarsai oleh para penggerak literasi bekerjasama dengan Pemerintah Kota Metro dalam memeriahkan Festival Putri Nuban 2023.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Kota Metro merayakan hari jadinya ke-86 tahun dengan Menggelar Festival Putri Nuban. Berbagai kegiatan diselenggarakan pada hajat tahunan kali ini, termasuk melibatkan komunitas literasi cerminan Kota Pendidikan.

Hari Jadi Kota Metro diperingati setiap tanggal 9 Juni. Di mana setiap tahunnya diadakan perayaan yang dinamakan Festival Putri Nuban.

Menginjak umur Kota Metro ke-86 tahun, perayaan Festival Putri Nuban berlangsung sejak 1 Juni sampai 30 Juni 2023 dengan diisi berbagai kegiatan budaya dan perlombaan.

Samber Park yang menjadi pusat kemeriahan HUT Kota Metro ke-86 turut diramaikan dengan adanya hiburan bagi masyarakat. Mulai dari musik, berbagai wahana permainan, hingga makanan dan jajanan.

Dalam Festival Putri Nuban 2023 juga diwarnai dengan hadirnya kegiatan edukasi kepada masyarakat dari para penggiat literasi Kota Metro.

Sebanyak tiga kelompok literasi berkolaborasi dengan pemerintah setempat. Dalam tiga hari mereka menyuguhkan bermacam-macam pagelaran dibalut nilai-nilai pendidikan. 

BACA JUGA:Lima Utusan TBM Metro Ikuti Jambore Literasi Lampung 2023

“Dengan konsep kebersamaan dan Sakai Sambayan tiga hari kegiatan diisi oleh tiga kelompok yakni, Forum TBM, Kampung Dongeng, serta Read Aloud yang difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro,” ujar Kepala Kampung Literasi Kota Metro, Amin Budi Utomo, Senin (26/6/2023)

Amin mengatakan pagelaran literasi diawali pada Senin, 19 Juni 2023 sore yang diisi oleh Kampung Dongeng dengan mengajak anak-anak Pendidikan Usia Dini (PAUD) Nusantara, Kecamatan Metro Barat, bermain hingga mendengarkan dongeng. Dalam kegiatan itu anak-anak turut menampilkan tari-tarian yang menggemaskan.

“Kampung Dongeng yang diawali pembukaan oleh Kak Mauliza. Selanjutnya sebanyak 10 anak hadir membersamai kegiatan larut dalam "Kado Metro Bercerita" di mana anak-anak diajak bermain games, mendengarkan dongeng. lalu tak ketinggalan anak-anak PAUD Nusantara menampilkan pertunjukan tari Mbok Jamu dan Tari Galaksi,” ungkapnya.

Dilanjutkan pada Selasa, 20 Juni 2023 giliran Forum TBM Metro yang dikomandoi Hasyim mengajak anak-anak usia PAUD mewarnai. Kelucuan nampak saat belasan anak-anak diajak bernyanyi dan menari bersama.

“Sekitar 15 anak-anak ikut kegiatan mewarnai bersama, bermain games, menari, dan bernyanyi,” jelasnya Amin.

Hari terakhir, kata Amin, Komunitas Read Aloud Metro mengajak anak-anak untuk mengolah limbah rumah tangga menjadi karya seni yang lebih bermanfaat, mulai dari vas bunga hingga pakaian.

Selain mendesain baju sendiri, anak-anak PAUD Sakura, Kecamatan Metro Utara, juga turut menampilkan hasil karya mereka layaknya model dengan berlenggak-lenggok di sesi fashion show.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: