Sivitas Akademika UM Metro Laksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Halaman Kampus 3 UM Metro

Sivitas Akademika UM Metro Laksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Halaman Kampus 3 UM Metro

FOTO: Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Halaman Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Metro-(Barnas)-

RADARMETRO - Halaman kampus yang rindang pepohonan menjadi pilihan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Metro untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Adha 1444 Hijriah, Rabu (28/06/2023). 

Ustadz Dr. M Samson Fajar, M.Sos.I., yang bertugas sebagai khatib mengajak jamaah untuk mengambil spirit ibadah haji sebagai cara untuk membangun sumberdaya manusia.

Menurutnya, Ibadah Haji sebagai bagian Rukun Islam, di dalamnya terdapat nilai - nilai yang dapat menjadi pembelajaran. Spirit Haji yang dapat dipelajari dalam membangun sebuah peradaban, sehingga menjadi titik pusat kerja dan ikhtiar manusia unggul yang totalitas dalam berjuang.

“Jika kita ingin menghadirkan suatu peradaban, atau institusi yang sesuai syariat, ambilah langkah spirit haji dalam membangun Sumberdaya Manusia,” ucap Dr. M Samson Fajar yang juga BPH UM Metro tersebut.

Ia juga merangkum sedikitnya 8 poin spirit haji yang bisa dijadikan sebagai pedoman bagi civitas akademika UM Metro untuk membangun suatu peradaban yang unggul, sebagai berikut;

1. Membersihkan hati dan fikiran (zero mind). 

SDM unggul berawal dari proses pembersihan hati dan fikiran dari segala niat yang buruk, dia hanya fokus pada panggilan Allah SWT dalam beraktivitas, ini spirit IHRAM.

BACA JUGA:Bu Gundil: Cita Rasa Semur Ayam dan Jengkol Tradisional

2. Memahami diri (Self Understanding). 

SDM unggul mampu memahami hakikat dirinya, siapa dirinya, apa tugasnya, visinya dan hendak kemana nantinya, dengan ini dia akan lurus tegak dalam kebenaran, ini adalah spirit ARAFAH.

3. Menemukan Potensi diri dan Kelemahannya (self evaluation), . 

Proses manusia mengevaluasi diri, menemukan kekuatan dan kelemahannya, sehingga dengan mengetahui kekuatan dia akan optimalisasi, ini spirit mencari batu di MUZDALIFAH.

4. Membuang segala keburukan (Cast evil). 

Merupakan proses manusia melepaskan segala keburukan dirinya, dengan melemparkan sejauh-jauhnya, baik dosa kecil, sedang maupun besar (sugro, wustho dan kubro), ini adalah spirit melontar JUMROH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: