Sapi Kurban di Pesisir Barat Terjangkit Cacing Pita

Sapi Kurban di Pesisir Barat Terjangkit Cacing Pita

Foto: Cacing pita sepanjang 5 centimeter ditemukan pada sapi kurban di Pesisir Barat-(MH Naim)-

RADARMETRO - Sejumlah sapi yang disembelih saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) terinfeksi parasit cacing pita.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Peternakan DKPP Pesbar, Rahamat Nursan. Ia mengatakan cacing pita ditemukan pada organ dalam sapi kurban.

"Dari hasil pemeriksaan, kita menemukan beberapa hewan terjangkit penyakit cacing hati," ungkap Rahmat dilansir dari tribunlampung.co.id, Jumat (30/6/2023).

Berdasarkan penemuan tersebut, DKPP Pesbar memastikan organ tubuh sapi yang menjadi sarang cacing pita langsung dimusnahkan agar tidak dikonsumsi masyarakat.

"Kita juga sudah memastikan bagian dalam yang terdapat cacing hati itu sudah dimusnahkan agar tidak dikonsumsi masyarakat," ungkapnya.

Penemuan cacing pita pada hewan sapi berdasarkan laporan dari tim kesehatan hewan DKPP Pesbar yang ditempatkan di sejumlah titik penyembelihan hewan kurban di Kecamatan Pesisir Tengah dan Way Krui.

"Selama tiga hari tasyrik kelima tim tersebut akan terus bekerja semaksimal mungkin untuk memastikan hewan kurban yang telah dipotong itu kondisinya dalam keadaan sehat dan layak dikonsumsi," bebernya.

BACA JUGA:Dua Sapi Kurban di Metro Terjangkit Cacing Pita, Ini Bahayanya

Dijelaskan oleh Rahmat cacing pita yang ditemukan pada organ hati hewan kurban itu memilikinya bentuk pipih, berwarna putih bening, dan memiliki panjang mulai dari 3 centimeter hingga 5 centimeter.

"Cacing tersebut mengendap di bagian hati. Untuk menemukannya tentu dibutuhkan ketelitian," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, organ dalam dan daging sapi yang terkontaminasi cacing pita agar tidak dikonsumsi walaupun sebelumnya telah dimasak hingga matang.

Menurut Rahmat efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi daging atau organ dalam hewan yang terdapat cacing pita menyebabkan diare hingga gangguan pencernaan akut.

"Cacing hati ini jika dikonsumsi sangat berbahaya bagi kesehatan meskipun sudah dimasak," jelasnya.

Di sisi lain, Rahmat belum bisa memastikan jumlah sapi yang terinfeksi cacing pita di Pesbar. Saat ini pihaknya tengah fokus menangani pemeriksaan terhadap organ dalam hewan kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: