Rektor UM Metro Resmi Lantik Kepala Unit Marketing dan Promosi Baru

Jumat 14-11-2025,13:22 WIB
Reporter : APL-01
Editor : APL-01

METRO RADARMETRO.DISWAY.ID - Universitas Muhammadiyah Metro resmi mengangkat Dr. M. Shofwan Taufik, S.H.I., M.Si. sebagai Kepala Unit Marketing dan Promosi yang baru, menggantikan Yahya Hidayat, S.Pd. yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt). 

Prosesi penyerahan SK Rektor berlangsung pada Jum’at (14/11/2025) dalam agenda internal kampus yang dipimpin langsung oleh Rektor UM Metro, Dr. Nyoto Suseno, M.Si.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan apresiasi kepada Yahya Hidayat atas dedikasi dan kinerjanya selama memimpin unit tersebut.

Ia menekankan bahwa capaian jumlah pendaftar dalam 1 tahun terakhir menunjukkan kontribusi nyata dari kerja tim marketing dan seluruh unit terkait.

BACA JUGA:Wujud Kampus Berdampak, Tim Pengabdi Mahasiswa Berdampak UM Metro Dirikan Bank Sampah Ibu-Ibu PKK di Rejoagung

“Saya ucapkan terima kasih kepada Mas Yahya. Data tahun kemarin menunjukkan 3.211 pendaftar termasuk dari jalur PPG. Itu bagian dari kinerja marketing dan seluruh unit yang mendukung,” ujar Rektor.

Dalam arahannya, Rektor menyoroti pentingnya penataan ulang sistem kerja di Unit Marketing & Promosi. Selama ini, menurutnya, banyak data survei dan laporan kegiatan yang sudah lengkap, namun perlu tindak lanjut secara sistematis.

Menurut Rektor, data ini harus menjadi bahan perumusan strategi marketing ke depan agar lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan calon mahasiswa.

Dalam struktur baru, Unit Marketing dan Promosi akan diarahkan menerapkan pola kerja berbasis Key Performance Indicator (KPI), termasuk memaksimalkan digital marketing. Rektor juga membuka peluang pemanfaatan talenta digital marketing dari fakultas-fakultas.

BACA JUGA:Tim Pengabdi Mahasiswa Berdampak UM Metro Gagas Rumah Cendekia sebagai Pusat Pembelajaran KWT Rejoagung

“Digital marketing kita perlu diperkuat. Banyak talenta di fakultas yang bisa dilibatkan. Yang offline dan online harus terkelola,” jelasnya.

Dengan dilantiknya Dr. M. Shofwan Taufik, Rektor berharap Unit Marketing dapat bergerak lebih terstruktur, adaptif, dan inovatif dalam memperluas jangkauan promosi.

Selain penyerahan SK Kepala Unit Marketing, acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan rektor terkait mutasi beberapa pegawai di lingkungan UM Metro. Rektor menjelaskan bahwa mutasi dilakukan sebagai bentuk penyegaran suasana kerja dan penataan kebutuhan unit.

Salah satu yang disebutkan dalam arahan adalah perpindahan pegawai yang sebelumnya bekerja cukup lama di unit tertentu untuk kemudian ditempatkan pada bagian lain yang dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan organisasi.


Supriyanto, S.M., pegawai mutasi dari Staf Progam Pascasarjana menjadi Staf Administrasi Fakultas Agama Islam--Ist

Kategori :