Sempat Viral di Medsos, Pria ODGJ Didatangi Tim Pemkot Metro!

Rabu 17-07-2024,17:54 WIB
Reporter : Ria Riski AP
Editor : Devi Oktaviansyah

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro kembali turun melakukan pemeriksaan terhadap pria yang diduga Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ) yang viral di media sosial (medsos) beberapa hari terakhir. 

Pria ODGJ tersebut diketahui bernama Dio warga Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat. Dia viral lantaran menunjukkan alat kelamin di Masjid Taqwa, setelah aksinya mencuri isi kotak amal diketahui pengunjung masjid. 

Dikonfirmasi awak media, Kepala Dinsos Kota Metro Sri Amanto mengatakan, bahwa pihaknya bersama tim telah mendatangi kediaman pria tersebut. 

"Pak Sekda sudah mengumpulkan dari Polres, Dinkes, Pol PP, Kabag Kesra, dan Dinas Sosial. Kita juga sudah ke rumah Dio (ODGJ)," terangnya.

Dalam kunjungan tersebut pihaknya mengaku sudah bertemu dengan pria tersebut. Tim juga sudah bertemu dengan orang tuanya.

Tak hanya itu, lanjutnya, tim medis Dinkes Metro juga telah melakukan pemeriksaan kepada pria ODGJ tersebut.

"Sudah dilakukan pemeriksaan medis. Hasilnya tensinya tinggi, jadi kita rujuk ke RSUD Ahmad Yani," katanya.

BACA JUGA:Soal Temuan Bawaslu, KPU Metro Minta Pantarlih Cek Ulang Hasil Coklit

Kadisos mengakui bahwa pria ODGJ tersebut memiliki riwayat penyakit epilepsi dan perubahan tingkah laku. Kondisi tersebut telah dialaminya sejak tahun 2014 lalu.

"Memang Dio ini memiliki riwayat sejak tahun 2014 lalu. Kita juga sudah memberikan pendampingan," ujarnya. 

Menurtunya, berdasarkan hasil pemeriksaan pria tersebut juga seperti anak yang mengalami broken home. Kemudian juga pengaruh lingkungan pergaulan serta keterbatasan ekonomi. 

"Dia juga ada indikasi gangguan kejiwaan. Setelah diperiksa Dinkes saat itu, dia menderita epilepsi," bebernya.

Ia mengatakan, bahwa penyakit epilepsi dan perubahan tingkah laku yang dialami pria tersebut terjadi sewaktu kecil pernah mengalami sakit panas tinggi. 

Akibatnya ia mengalami perubahan perilaku. Bahkan akibat kejadian tersebut beberapa kali ia diketahui melakukan tindakan yang senang  mencuri kotak amal di masjid.

Bahkan tak hanya itu, lanjutnya, sebelumnya Dio juga pernah diamankan pihak kepolisian atas perkara pencurian kotak amal masjid.

Kategori :