Tekan Kenaikan Harga Bapok di Metro, Disdagsar Gelar Penetrasi Pasar

Rabu 07-08-2024,11:14 WIB
Reporter : Ria Riski AP
Editor : Devi Oktaviansyah

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Metro untuk menekan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok makanan (Bapok) terus dilakukan. 

Melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Kota setempat menggelar kegiatan Penetrasi Pasar di lantai 2 pasar Cendrawasih, Metro Pusat, Selasa 6 Agustus 2024.

Dikonfirmasi awak media, Assisten II Setda Kota Metro, Yeri Ehwan mengatakan, upaya untuk menekan kenaikan harga pihaknya aktif menggelar kegiatan Penetrasi Pasar.

Terlebih diakuinya sejumlah komoditas bapok telah mengalami kenaikan pada Juli lalu. Namun begitu, ada pula beberapa komoditas bapok yang juga mengalami penurunan.

"Di bulan Juli itu deflasi, tetapi ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Seperti ada beras, cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih. Tapi kalau bawang merah turun," terangnya.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan Penetrasi Pasar tersebut digelar sebagai upaya menjaga stabilitas harga bapok di pasaran. Di mana sejumlah harga bapok dijual dengan harga murah.

"Kegiatan ini dalam rangka stabilisasi harga. Kita berupaya untuk menjaga permintaan konsumen," ujarnya.

Menurutnya, angka pertumbuhan inflasi dari tahun ke tahun di Kota Metro dapat ditekan. Kendati begitu upaya antisipasi juga tetap melakukan.


--

BACA JUGA:Dugaan Pencemaran Nama Baik, Ervin Laporkan Lukman Edy ke Polres Mesuji

"Secara umum tingkat inflasi Metro di bulan Juli cukup terkendali dan rendah. Bahkan kcapaiannya kita lebih rendah dari Provinsi Lampung maupun nasional," paparnya.

"Kita Year on Year itu 1,99 persen. Nah kalau provinsi 2,55 persen dan nasional 2,13 persen," benernya.

Kendati demikian ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat menjaga stabilitas harga bapok di Metro.

Kemudian kegiat  penetrasi tersebut dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhannta. 

"Harapannya dengan kegiatan ini, bisa membantu warga kita memperoleh pangan yang lebih terjangkau. Kemudian bisa mengurangi kenaikan harga bahan pokok," tukasnya.

Kategori :