Kunjungi Kantor PWI, Ini Pesan Pjs Walikota Metro!

Sabtu 12-10-2024,08:58 WIB
Reporter : Ria Riski AP
Editor : Devi Oktaviansyah

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Metro mengajak seluruh awak media untuk bersama-sama membangun Kota Metro.

Di mana langkah tersebut dilakukan dengan bersinergi bersama dengan pemerintah dalam pembangunan.

Demikian disampaikan Pjs Walikota Metro Descatama Paksi Moeda saat melakukan kunjungannya ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota setempat, Jumat 11 Oktober 2024.

Ia mengatakan, bahwa tugas awak media sebagai kontrol sosial harus dapat memberikan sumbangsihnya dalam pembangunan.

"Kunjungan saya ke PWI ini bagaimana mensinergikan bahwa wartawan selaku sosial kontrol dari pemerintahan di masyarakat, dapat terus mensupport pembangunan Kota Metro," katanya.

Menurutkan, selama kepemimpinannya dua bulan kedepan harus dapat memberikan dampak besar bagi masyarakat.

"Penyelenggaraan pemerintah selama dua bulan ini, selama saya menjabat sebagai Pjs Walikota, harus berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Metro," tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengaku  berupaya agar di tahun 2025 Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bumi Sai Wawai dapat meningkat.

BACA JUGA:Soal Tanggal dan Lokasi Tes SKD CPNS Metro, Ini Kata Pansel!

"Jadi untuk APBD Kota Metro tahun 2025, sudah dilakukan pembahasan. Tentunya dinas yang membidangi, dapat melakukan ekstensifikasi kegiatan-kegiatan. Kemudian melihat bagaimana potensi-potensi PAD yang ada di Kota Metro," ujarnya.

Ia juga meminta agar OPD tidak hanya mengandalkan dana transfer pusat saja. Ini seperti, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID), atau Dana Bagi Hasil (DBH) dari provinsi.

"Tetapi bagaimana menggali potensi-potensi PAD yang ada. Sehingga pembangunan di Kota Metro dapat lebih banyak lagi. Tidak hanya mengandalkan dana-dana transfer dari pusat," bebernya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro, Rino Panduwinata mendukung upaya peningkatan PAD di Kota Metro. 

"PWI Kota Metro mendukung upaya  peningkatkan PAD yang disampaikan Pjs Walikota Metro. Ini seperti  menggali potensi-potensi yang ada. Contohnya seperti dari retribusi parkir, pajak iklan reklame, dan lain sebagainya," bebernya. 

Ia berharap dengan langkah Pemkot Metro menggali potensi-potensi yang ada, maka PAD Kota Metro pada tahun 2025 dapat lebih ditingkatkan. 

Kategori :