Vidio dan Shopee Kenalkan Fitur Vidio Shopping, Nikmati Pengalaman Belanja Seru Sambil Tonton Tayangan Favorit

Vidio dan Shopee Kenalkan Fitur Vidio Shopping, Nikmati Pengalaman Belanja Seru Sambil Tonton Tayangan Favorit

Vidio dan Shopee Kenalkan Fitur Vidio Shopping, Nikmati Pengalaman Belanja Seru Sambil Tonton Tayangan Favorit--Shopee

JAKARTA, RADARMETRO.DISWAY.ID -- Platform OTT lokal terkemuka, Vidio, menggandeng Shopee baru saja meluncurkan fitur terbaru bernama Vidio Shopping.

Lewat Vidio Shopping, penonton bisa langsung membeli produk yang muncul di tayangan favorit tanpa harus menutup aplikasi. Fitur picture-in-picture (PIP) memastikan tontonan tetap berjalan, sehingga pengalaman menonton tetap seru meski sambil check-out produk incaran.

Fitur ini pertama kali hadir dalam versi Alpha pada Juli 2025 di sejumlah konten unggulan, mulai dari Premier League, serial Asmara Gen Z, hingga berbagai Vidio Original Series. Penonton bisa belanja produk kecantikan hingga gadget dari Shopee hanya dengan satu sentuhan.

Pada fase ini, berbagai brand telah bergabung dalam ekosistem “content commerce”, termasuk  brand Wondermist, FFAR, Majika, Wardah, Emina, Kahf, Make Over, Samsung, Somethinc, Amaterasun, Hint, Nivea, Eiger, Colorbox, dan The Executives.

BACA JUGA:1.300 UMKM Unjuk Potensi & Perebutkan Modal Usaha Rp1 Miliar di Ajang ‘Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas’

Nonton Sambil Check-out Kini Semakin Seamless 

Vidio menghadirkan pengalaman menonton sekaligus berbelanja yang seamless. Tidak seperti platform berbasis User Generated Content (UGC), Vidio menampilkan konten yang terkurasi sehingga setiap produk hadir di ruang yang aman, berkualitas, dan merepresentasikan brand secara optimal. Produk muncul pada momen paling relevan, terhubung langsung dengan katalog Shopee, proses belanja menjadi lebih praktis tanpa mengganggu keseruan menonton.

Sejak memasuki fase Beta, Vidio Shopping menunjukkan pertumbuhan signifikan. Perbandingan dari bulan September dengan bulan sebelumnya, jumlah rata-rata produk terjual harian meningkat hingga 41%. Terlebih pada momentum Payday bahkan menghadirkan lonjakan produk yang terjual hingga 47%. 

Tren konten juga memberi warna menarik. Sinetron dan K-Drama menjadi favorit untuk pembelanja kategori Fashion & Beauty, dengan transaksi 1,5x lebih banyak dibandingkan genre lain. Sebagai home of sports, konten olahraga di Vidio seperti Premier League, BRI Super League, juga berhasil menarik minat pemirsa. Adapun penonton dari penonton live TV juga  menunjukkan peningkatan transaksi.

Untuk kategori Moms & Kids, tayangan Kids dan Animasi mencatat konversi tertinggi, yakni 1,2x lebih tinggi dibandingkan konten lainnya. Sejumlah brand besar pun sudah bergabung di fase ini, mulai dari Samsung, Johnson’s Baby, Garnier Men, Kahf, Wardah, hingga berbagai merek ternama lainnya.

BACA JUGA:Happy Vibes Banget! Hearts2Hearts Kompak Nyanyi Bahasa Indonesia di Iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day

“Vidio Shopping merupakan langkah nyata kami mengintegrasikan hiburan dengan gaya hidup digital. Melalui kolaborasi ini kami menghadirkan cara belanja yang lebih personal, kontekstual, dan menyenangkan, langsung dari tayangan favorit penonton. Dari tayangan olahraga seperti Premier League hingga Vidio Original Series, penonton setia Vidio ini bisa nonton sambil Check-out.” ujar Hermawan Sutanto selaku Managing Director Vidio.

Sebagai mitra strategis, Shopee memperkuat kolaborasi ini melalui ekosistem e-commerce yang terintegrasi dan berbasis teknologi canggih. Dengan berbagai program, fitur, dan layanan yang ditawarkan, Shopee menciptakan jembatan mulus antara konten dan commerce, memberikan nilai tambah baik bagi pembeli maupun penjual. 

Sementara itu, Adi Rahardja, Senior Director of Business Development Shopee Indonesia menambahkan bahwa fitur Vidio Shopping ini menawarkan  cara baru berbelanja di Shopee, dengan lebih interaktif, seamless, dan menyenangkan bagi pengguna.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber: