Satu Jemaah Yang Hilang Ditemukan Wafat, Dua Lagi Masih Dalam Pencarian

Satu Jemaah Yang Hilang Ditemukan Wafat, Dua Lagi Masih Dalam Pencarian

Foto : Kabid Perlindungan Jemaah PPIH Arab Saudi, Harun Al Rasyid-(M Aulia)-

RADARMETRO - Satu dari tiga jemaah haji yang hilang saat pelaksanaan puncak ibadah haji 2023 ditemukan dalam kondisi wafat Rumah Sakit An-Noor, Mekah, Arab Saudi.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Bidang Pelindungan Jemaah (Linjam) PPIH Arab Saudi Harun Al-Rasyid di Makkah, Selasa (11/7/2023), dilansir dari laman resmi Kemenag.

"​​Niron bin Sunar, hari ini, 11 Juli 2023, jemaah tersebut telah ditemukan dan dikebumikan,” kata Harun.

Niron Sunar Suna (77) asal Purbolinggo dari kloter 65 embarkasi Surabaya (SUB-65) terpisah dari rombongannya pada saat melempar Jumrah Ula, 29 Juni 2023.

Almarhum terpisah dari rombongan saat melintasi terowongan yang mengarah ke jamarat.

Harun menjelaskan tim yang dipimpinnya mendapatkan informasi terkait jenazah di RS  An-Noor dengan ciri-ciri seperti korban hilang yang sedang dicari.

Tim Linjam segera melakukan pengecekan dan koordinasi dengan ketua kloter serta istri almarhum.

"Di situ, istri dari almarhum Niron telah melihat ciri-ciri khusus yang melekat pada diri jenazah. Beliau memastikan bahwa itu adalah jenazah suaminya,” jelas Harun.

BACA JUGA:Heboh Emak-emak Pamer Emas Sepulang Haji, Setelah Diperiksa Ternyata Imitasi

Setelah melakukan pencocokan data yang lebih akurat seperti mencocokkan sidik jari serta paspor, jenazah dimandikan dan dishalatkan di Masjidil Haram untuk selanjutnya dikebumikan.

“Setelah bernegosiasi, jenazah bisa langsung dimandikan di mighsalah (tempat pemandian jenazah). Tanpa kita sangka, pihak maktab beserta pengurus yang ada di Arab Saudi merespon keinginan kita dan keluarga membawa jenazah tersebut ke Masjidil Haram,” terang Harun.

Dengan diketemukannya satu dari tiga jemaah yang dilaporkan hilang, kini tim Perlindungan Jemaah memfokuskan pencarian terhadap dua jemaah atas nama Idun Rohim Zen (87) dari Embarkasi Palembang Kloter 20 (PLM 20) dan Suharja Wardi Ardi (69) dari Embarkasi Kertajati Kloter (KJT 10).

Harun menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat serta maktab.

Timnya juga akan lebih detail dalam melakukan pencarian termasuk mendatangi ulang rumah sakit yang sudah dikunjungi serta memperluas area pencarian sampai Jeddah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: