Lawan Arus! Inilah Barisan Tokoh yang Beri Dukungan Pada Panji Gumilang dan Al Zaytun

Lawan Arus! Inilah Barisan Tokoh yang Beri Dukungan Pada Panji Gumilang dan Al Zaytun

Foto: Panji Gumilang -(Istimewa)-

RADARMETRO- Beragam kontroversi yang ditimbulkan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun dan Pemimpinnya Panji Gumilang mulai dari penistaan agama hingga dikabarkan terkait dengan gerakan Negara Islam Indonesia (NII) telah menuai protes keras dari banyak pihak.

Banyak yang menyerukan agar ponpes Al Zaytun segera dibubarkan dan Panji Gumilang sebagai pemimpinnya dipenjarakan karena dianggap telah mengajarkan ajaran yang menyimpang.

Tapi tak sedikit juga pihak membela dan memberi dukungan terhadap Al Zaytun dan Panji Gumilang, pihak-pihak pendukungnya ini bahkan berani melawan arus dengan secara blak-blakan menyatakan dukungannya di hadapan publik.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini deretan tokoh yang menyatakan pro terhadap Panji Gumilang dan Al Zaytun.

1. Ali Mochtar Ngabalin

Ali Mochtar Ngabalin adalah politisi senior dari partai Golkar yang menjabat sebagai tenaga ahli Kantor Staf Presiden Republik Indonesia.

Beberapa waktu lalu Ngabalin menyatakan bahwa berdasarkan rekam jejak Panji Gumilang yang merupakan seorang kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan juga sebagai keturunan kader Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) maka tidak mungkin dia mengajarkan ajaran yang menyesatkan.

Ngabalin menuduh pihak-pihak yang menjelekkan Panji Gumilang telah menggunakan cara kotor dan tak bermoral hanya untuk mengambil alih ponpes Al Zaytun.

2. Monique Rijkers

Seorang wanita Indonesia yang dikenal sebagai aktivis pro Israel dan Yahudi ini beberapa kali menyatakan dukungannya terhadap Panji Gumilang dan Al Zaytun.

Saat diundang dalam sebuah acara di salah satu stasiun TV swasta, Pendiri organisasi nirlaba Hadassah of Indonesia, yayasan yang mengedukasi tentang keberagaman khususnya terkait Yahudi dan Israel ini sempat meminta seluruh santri-santri yang ada di setiap ponpes di Tanah Air untuk menyanyikan lagu Yahudi seperti yang dilakukan di Al Zaytun.

Terbaru dukungan Monique Rijkers disampaikannya saat menjadi tamu kehormatan pada acara perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1445H di ponpes Al Zaytun, Rabu (19/7/2023).

Dalam pidato sambutannya dia mengatakan sosok Panji Gumilang adalah sosok pemimpin yang menjunjung keberagaman serta dapat membawa perdamaian.

Dia juga memuji sistem yang diterapkan Panji Gumilang dalam mendidik santri-santrinya dan berharap nantinya akan ada santri didikan Panji Gumilang yang menjadi presiden di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: