Manfaat Minum Air Hangat setelah Bangun Tidur, Ternyata No. 1 Sangat Berkhasiat

Manfaat Minum Air Hangat setelah Bangun Tidur, Ternyata No. 1 Sangat Berkhasiat

Foto: MURAH DAN MENYEHATKAN: Rutin minum air hangat setelah bangun tidur ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. -(Albertus Yogy)-

RADARMETRO - Ketika tidur, tubuh tidak mendapatkan cukup cairan selama kurang lebih delapan jam. Itulah sebabnya rasa haus wajar terjadi ketika bangun tidur. Segelas air putih kerap dikonsumsi sebagai pelepas dahaga. Namun, tidak sedikit orang yang minum air putih hangat di pagi hari, terutama saat udara dingin atau sedang sakit.

Manfaat minum air hangat di pagi hari tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga meredakan berbagai keluhan seperti hidung tersumbat dan batuk berdahak. Bahkan, mengonsumsi air hangat juga bisa meningkatkan fungsi otak dan baik untuk kesehatan mental.

Penelitian yang secara spesifik membahas tentang manfaat minum air hangat di pagi hari memang belum ada. Akan tetapi, banyak orang yang mengatakan bahwa kebiasaan ini bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat air hangat memang beragam, mulai dari menjaga fungsi fisik hingga psikis. Tidak hanya memperhatikan suhu airnya, Anda juga perlu minum air putih yang cukup, yaitu 8 gelas setiap hari.

Namun, tidak semua orang bisa memperoleh manfaat minum air hangat di pagi hari dengan jumlah tersebut, misalnya karena kondisi kerusakan ginjal atau saluran tenggorokan. Untuk mengetahui jenis minuman dan jumlah asupan yang dibutuhkan sehari-hari, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. 

Ada berbagai manfaat minum air hangat di pagi hari untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh, yaitu:

1. Menetralkan Racun

Sebuah penelitian menyatakan bahwa memenuhi kebutuhan air putih dapat melindungi ginjal dan mengencerkan racun dalam darah, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dalam penelitian tidak disebutkan suhu air atau waktu minum, tetapi kebiasaan ini dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, konsumsi air putih hangat di pagi hari juga dapat melawan peradangan, menjaga kesehatan persendian, dan mencegah asam urat.

Untuk menambah nutrisi dan manfaatnya, tambahkan air hangat dengan irisan lemon atau jeruk nipis. Namun, cara ini kurang cocok diterapkan bagi penderita asam lambung. Selain di pagi hari, air hangat juga dapat dikonsumsi sebelum tidur untuk menenangkan diri dan meningkatkan kualitas tidur.

BACA JUGA:Tim Puslitbang Polri Kunjungi Polres Lampung Utara

2. Meredakan Hidung Tersumbat

Salah satu manfaat minum air hangat di pagi hari adalah meredakan hidung tersumbat, terutama bagi orang yang sedang flu atau pilek. Air hangat menghasilkan uap yang dapat dihirup. Uap tersebut mampu mencairkan lendir dalam hidung dan melegakan pernapasan.

Selain itu, uap dari air hangat juga dapat merilekskan otot dalam rongga sinus, yaitu ruang kosong berisi udara di wajah. Dengan begitu, lendir yang terperangkap di dalamnya lebih mudah keluar dan rasa penuh di wajah, khususnya bagian bawah mata, bisa mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: