Manfaat Minum Air Hangat setelah Bangun Tidur, Ternyata No. 1 Sangat Berkhasiat

Manfaat Minum Air Hangat setelah Bangun Tidur, Ternyata No. 1 Sangat Berkhasiat

Foto: MURAH DAN MENYEHATKAN: Rutin minum air hangat setelah bangun tidur ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. -(Albertus Yogy)-

3. Meredakan Batuk Berdahak

Batuk merupakan respons alami tubuh untuk mengeluarkan kuman atau benda asing dari saluran pernapasan. Agar lebih mudah mengeluarkannya, saluran pernapasan akan mengeluarkan lendir sehingga terjadilah batuk berdahak.

Nah, minum air hangat bisa menjadi salah satu cara alami untuk meredakan batuk berdahak karena mampu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Minum secangkir air hangat di pagi hari juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Air hangat diduga dapat melarutkan makanan yang sulit dicerna di usus dan mengurangi sembelit. Meski begitu, manfaat ini juga bisa diperoleh dengan konsumsi air putih biasa dengan jumlah yang cukup.

5. Mengatasi Sembelit

Manfaat minum air hangat di pagi hari lainnya adalah mengatasi sembelit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kekurangan caian dalam saluran cerna. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh, salah satunya dengan air hangat, dapat melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

6. Mengatasi Kedinginan

Respons alami tubuh saat mengalami kedinginan adalah menggigil dan menggeretakkan gigi. Nah, minum air hangat di pagi hari dapat mengurangi respons tubuh saat kedinginan setelah bangun tidur, khususnya saat cuaca sedang sangat dingin.

7. Mencegah Dehidrasi

Air minum dalam suhu apa pun dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, terlebih pada ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Oleh karena itu, minumlah air putih setelah bangun tidur di pagi hari agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi sebelum memulai aktivitas.

8. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf

Kurang minum air putih bisa berdampak negatif pada sistem saraf yang memengaruhi fungsi otak. Oleh karena itu, minum air putih hangat maupun dingin di pagi hari bisa menunjang kinerja kognitif otak, seperti konsentrasi dan penalaran.

BACA JUGA:Dugaan Tipikor Inspektorat Lampura, Kajari:

9. Menjaga Mood

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: