Inilah Sisi Positif Dan Negatif Tanaman Hias Di Dalam Ruangan Yang Perlu Diketahui

Inilah Sisi Positif Dan Negatif Tanaman Hias Di Dalam Ruangan Yang Perlu Diketahui

Foto: Inilah Sisi Positif Dan Negatif Tanaman Hias Di Dalam Ruangan Yang Perlu Diketahui-(Andika Maulana Putra)-

RADARMETRO - Banyak manfaat berkebun di dalam ruangan, terutama jika itu adalah satu-satunya tempat anda harus berkebun. Namun yang berkebun di dalam ruangan merasa bahwa ia berhasil atau sukses berkebun karena lebih mudah dicapai dibandingkan dengan berkebun di luar ruangan. Oleh karena itu, sebelum ada memikirkan untuk berkebun, luangkan waktu sejenak untuk mempelajari kekurangan dan kelebihan berkebun di dalam ruangan dan membuat keputusan untuk diri anda sendiri. 

Berdasarkan data banyak anak muda sekarang yang tertarik untuk melakukan hobi berkebun di dalam ruangan, hal ini terdampak oleh covid-19 untuk mengatasi kejenuhan saat karantina, walaupun hanya memanfaatkan lahan yang sempit mereka menatanya dengan rapi agar terlihat estetik dan minimalis. namun apakah berkebun di dalam ruangan adalah pilihan yang benar atau hanya menambah nilai estetika pada ruangan, berikut beberapa pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan.

Hal Positif Berkebun Dalam Ruangan

Jika di beri pilihan saya sendiri mungkin saya akan memilih menanam tanaman yang memiliki  tempat yang memiliki banyak sinar matahari dan ruang untuk menyebar. Namun, anda yang memutuskan. Berkebun di dalam ruangan juga merupakan pilihan yang tepat jika ruang berkebun di luar ruangan anda terbatas atau sama sekali tidak ada. Berkebun di dalam ruangan memiliki banyak keuntungan dalam hal pengendalian iklim dan perlindungan hama, meskipun anda memiliki ruangan yang cukup.

Tanaman yang dikenal selalu dapat meningkatkan kualitas hidup dalam beberapa cara dan akan terus melakukannya di masa depan. Konsep ini awalnya digunakan untuk menempatkan banyak tanaman hias. Salah satu hal yang baik adalah mereka meningkatkan keindahan pemandangan. Berikut adalah beberapa manfaat membudidayakan tanaman hias dan alasan mengapa Anda harus melakukannya.

Meningkatkan Estetika

Sangat penting bahwa tanaman dedaunan yang subur, dan keindahan taman anda. Jika anda memiliki ruang tamu dengan tanaman, itu akan memiliki tampilan terbaik akan terlihat lebih hidup. Menarik bukan jika kita bertamu di kediaman yang memiliki  tanaman di ruang tamunya.

Lebih sedikit masalah penyakit dan hama.

Berkebun di dalam ruangan memiliki beberapa keuntungan yang membedakannya dari taman di luar ruangan. Salah satu keuntungan paling nyata dari berkebun di dalam ruangan adalah melindunginya dari hama namun sebenarnya Taman dalam ruangan mungkin tidak sepenuhnya bebas dari hama dan penyakit, tetapi anda memiliki kendali lebih besar atas apa yang dapat menyerang mereka.

mengawasi lingkungan

Ada alasan lain untuk menanam tanaman di dalam ruangan, yaitu taman dalam ruangan tidak akan terlalu rentan terhadap kerusakan alam, seperti yang anda lakukan untuk mengendalikan hama dan penyakit. Jika musim tanam anda terlalu basah atau terlalu kering, terlalu panas atau terlalu dingin, tanaman anda tidak akan terpengaruh bahkan akan menghasil yang lebih baik. 

Hal negatif / Kekurangan Berkebun Dalam Ruangan

Ketika kita membayangkan menanam banyak tanaman dan hasil panen tanpa harus berada di luar ruangan, konsep berkebun di dalam ruangan mungkin tampak sangat menarik. Karena kita akan memiliki kendali lebih besar atas lingkungan pertumbuhan kita dan tidak akan tunduk pada keinginan alam, kita mungkin cenderung menganggap berkebun di dalam ruangan lebih mudah daripada bercocok tanam di luar ruangan. 

Sejujurnya menurut saya berkebun di dalam ruangan lebih memakan banyak waktu karena mayoritas tanaman dalam ruangan memerlukan perawatan dan perhatian sehari-hari, termasuk penyiraman, angin, dan sinar matahari. Jika Anda tidak menyediakan waktu untuk hal-hal kecil tersebut, hal-hal tersebut mungkin akan mati atau membusuk jika tidak ada perhatian yang sangat dibutuhkan.  misalnya, memerlukan kondisi tanah yang tepat dan sangat sulit untuk menyesuaikan diri dengan iklim di dalam ruangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: