Sebanyak 4 Puskesmas di Metro Jadi Percontohan WASH in HCF

Sebanyak 4 Puskesmas di Metro Jadi Percontohan WASH in HCF

Foto: Gelaran sosialisasi sekaligus pembentukan kelompok kerja (Pokja) Water, Sanitation and Hygiene (WASH) di Puskesmas Metro.-(MH Naim)-

Program WASH in HCF ini di Indonesia merupakan hal baru. Provinsi Lampung dipilih sebagai pilot project yang dilaksankan hanya di Kota Metro dan Kota Bandar Lampung sejak 2021 lalu. 

Dengan itu kedepan Kota Metro akan menjadi pusat belajar bagi puskesmas-puskesmas lain di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Puskesmas Metro, dr Ria Putranto menyambut baik program YKWS Provinsi Lampung dalam membentuk Pokja WASH di Puskesmas se-Kota Metro.

Ia turut mengajak seluruh masyarakat bergabung dalam program tersebut yang memang memiliki sejalan dengan program pemerintah Kota Metro terkait Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB).

"Kepada seluruh tokoh masyarakat, para ketua RT dan kader STBM kiranya bersedia menjadi anggota Pokja WASH yang akan dibentuk hari ini," ungkapnya.

Sebelumnya, YKWS menggelar sosialisasi dan pembentukan Pokja WASH di Puskesmas Metro pada Selasa (25/7/2023).

Kegiatan itu diikuti oleh 35 orang peserta dan juga dihadiri oleh kasi Kesra Kecamatan Metro Pusat, Lurah Metro dan Sekretaris Lurah Imopuro.

BACA JUGA:Tanggapi Kejadian Cinta Mega, Ini Pesan Penting dari Anang Prihantoro

Pembentukan di puskesmas tersebut menambah jumlah keterlibatan masyarakat di Kota Metro tanggap terhadap fasilitas layanan pengobatan di puskesmas. 

Diketahui Puskesmas Metro menjadi yang ke-9 dari 11 puskesmas di Kota Metro dalam membentuk Pokja WASH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: