Ayo Lestarikan Lingkungan Bersama Tubaba Art Festival VII

Ayo Lestarikan Lingkungan Bersama Tubaba Art Festival VII

Foto: RESMI DIBUKA: Pagelaran Tubaba Art Festival (TAF) VII Tahun 2023 di Kabupaten Tulangbawang Barat, resmi dibuka.-(Dirman)-

RADARMETRO - Pagelaran Tubaba Art Festival (TAF) VII Tahun 2023 di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, resmi dibuka.

Pembukaan tersebut dilaksanakan di Taman Budaya Uluan Nughik, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), pada Jumat (27/07/2023) pukul 16.00 Wib.

Disampaikan Direktur Sekolah Seni Tubaba, Semi Ikra Anggara, pada kesempatan tersebut. Bahwa kegiatan TAF 7 bukan hanya sekedar Festival yang mendatangkan kerumunan, ini adalah sebuah Festival yang mengajak semua elemen untuk merayakan dan meningkatkan kesadaran dari sebuah akronim Tulang Bawang Barat yaitu Tubaba.

"Ini adalah visi masa depan dari Tubaba. Karya-Karya di dalam festival ini baik seni rupa, teater, film sastra, dan lain-lain selalu dilalui dengan proses-proses kerja keras, proses-proses yang konsisten, sampai akhirnya para seniman yang sesungguhnya rata-rata masih berusia belasan tahun ini harus ikhlas ketika menerima kritikan dari pemirsa," kata Semi.

Menurutnya, karya-karya di sini adalah karya-karya yang memiliki visi kesederhanaan, kesetaraan, dan kelestarian lingkungan. Oleh karenanya, dalam Festival ini para seniman mencoba mendefinisikan nilai-nilai orang Tubaba yang dikenal dengan prinsip Nemen, Nedes, Nerimo, Sederhana, Setara, dan Lestari.

"Dalam Festival kali ini kami juga berharap para penonton untuk terlibat lebih jauh, sajian TAF tidak dipungut biaya, namun kami meminta atau berharap agar masyarakat atau para penonton untuk dapat membawa bibit pohon keras. Pasca Festival, seluruh bibit akan kami tanam di sekitar kawasan Uluan Nughik ini, dengan demikian penonton bisa memiliki satu pohon di Tubaba dan berkontribusi bagi masa depan Tubaba pada proses - proses penciptaan ruang," terangnya.

BACA JUGA:Arinal Berharap PFI Dorong Peningkatan Produksi Pertanian

Sementara itu, Pj.Bupati Tubaba, M.Firsada, dirinya selaku pribadi dan juga sebagai perwakilan dari Pemerintah Daerah sangat menyambut positif atas terselenggaranya Tubaba Art Festival Edisi ke 7 tersebut.

"Saya juga mengajak kepada seluruh unsur pemangku kepentingan terkait agar selalu mendukung kegiatan serupa, terutama kegiatan yang dapat mendorong transformasi manusia menjadi semakin baik dan mampu menyajikan adhikarya-adhikarya yang bisa membawa nama Tubaba semakin mendunia," ujarnya.

Ditempat yang sama, Direktur PTLK Kemendikbud RI yang diwakili oleh Pamong Budaya, Teddy Sukmana, menyampaikan, bahwa Festival yang diselenggarakan oleh Sekolah Seni dan Pemerintah Kabupaten Tubaba, merupakan Sinergi Pemerintah Pusat sebagai wujud dari amanat undang-undang pemajuan kebudayaan untuk membentuk ekosistem kebudayaan.

"Sedikit mengingatkan, bahwa plafon Indonesiana adalah program Pemerintah yang bertujuan untuk menghidupkan ekosistem kebudayaan, yang pengelolaannya dilakukan secara bergotong-royong untuk membangun kerjasama strategi antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Dengan satu harapan dapat meningkatan pelaku budaya di daerah," pungkasnya.

Diketahui, pada TAF edisi ke 7 yang diselenggarakan sampai dengan tanggal 29 Juli 2023 kali ini, adapun sejumlah acara yang dipentaskan diantaranya mulai dari Musik Overture "Talo Balak", Tari Sigeh Penguten, Tari Bedana 9 Ragam, Tari Nenemo, Pertunjukan Musik, Musik Anak, Teater Musikal Anak "Bunian", Pameran Seni Rupa, Pameran UMKM, hingga perlombaan Sepeda Hias dan Kompetisi Sketsa Arsitektur Tubaba, dan masih banyak lagi lainnya yang lokasi kegiatannya dipusatkan Kota Budaya Uluan Nughik dan Sesat Agung Komplek Islamic Center. 

BACA JUGA:Pemkab Pringsewu Hibahkan Mobil Samsat Keliling Kepada UPTD PPD Wilayah VII

Berdasarkan pantauan media, turut hadir pada pembukaan TAF tersebut Pembina Yayasan Pendidikan Seni dan Ekologi Umar Ahmad beserta Kornelia Umar, para anggota Forkopimda Tubaba, para Camat, Kepala Tiyuh, masyarakat Tubaba, dan tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: