PSSI dan FIFA Sepakat Empat Stadion Sebagai Venue Piala Dunia U-17

PSSI dan FIFA Sepakat Empat Stadion Sebagai Venue Piala Dunia U-17

FOTO: Stadion Manahan, Solo, diajukan sebagai venue final Piala Dunia U-17 2023-(Istimewa)-

RADARMETRO- Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir mengatakan sudah ada kesepakatan antara PSSI dengan FIFA tentang stadion yang akan menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

Erick menyebutkan gelaran Piala Dunia U-17 hanya akan digelar di empat dari delapan nama stadion yang sempat diajukan PSSI. Keempat stadion yang terpilih seluruhnya ada di pulau Jawa.

Empat stadion yanng terpilih sebagai venue tersebut adalah Jakarta Internasional Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Stadion Manahan Solo dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Sedangkan empat stadion lainnya dicoret PSSI dari daftar stadion yang dicalonkan menjadi venue sehingga tak sempat di inspeksi oleh FIFA. Keempatnya yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Gelora Sriwijaya, Stadion Pakansari dan Stadion I Wayan Dipta .

Alasan dipilihnya empat stadion yang berada di pulau Jawa menurut Erick adalah untuk lebih menghemat biaya dan juga logistik selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 nanti.

"Sekarang tinggal 94 hari menuju Piala Dunia U-17 2023. Tentu, dana yang harus digelontorkan seefisien mungkin," kata Erick Thohir kepada wartawan, melansir detik.com, Senin (7/8/2023).

BACA JUGA:AIPA-ASEAN Teguhkan Komitmen Jaga Kawasan Tetap Aman dan Damai

"Karena itu, dari delapan stadion, hasil rapat dengan FIFA, kami sepakat empat stadion. Kenapa empat stadion? Sebab, kami memikirkan logistik juga," tambah Erick.

Lebih jauh Erick menuturkan PSSI akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait seperti KemenPUPR, Kemenpora, Penjabat (Pj) DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mempersiapkan kedatangan FIFA.

FIFA memang masih akan dijadwalkan datang kembali ke Tanah Air untuk mengumumkan nama-nama venue tersebut secara resmi.

Piala Dunia U-17 nantinya akan diikuti oleh 24 negara yang akan terbagi menjadi enam grup.

Untuk itu Erick juga menyampaikan dirinya telah mengajukan kepada FIFA pembukaan Piala Dunia U-17 nanti berlokasi di Jakarta.

Babak penyisihan untuk dua grup akan dipertandingkan di Jakarta dan  dua grup lagi di Bandung, sedangkan dua grup sisa akan bermain di Solo dan Surabaya.

Sementara untuk pertandingan semifinal dan final rencananya Erick menginginkan untuk digelar di stadion Manahan, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: