Lampung Raih Peringkat Ketiga Dalam KUR Award, Arinal Minta Tambahan Dana ke Sri Mulyani

Lampung Raih Peringkat Ketiga Dalam KUR Award, Arinal Minta Tambahan Dana ke Sri Mulyani

FOTO: Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berbicara dalam acara KUR Award 2023-(Istimewa)-

RADARMETRO- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta tambahan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Hal itu sampaikan Arinal di depan Sri Mulyani pada acara Penganugerahan KUR Award, Rabu, 9 Agustus 2023.

Arinal mengatakan dana tersebut akan disalurkan ke daerahnya untuk pengembangan alat mesin pertanian atau alsintan untuk menunjang klaster kopi, cokelat, dan lainnya.

"Saya ingin mengembangkan karena ini realisasinya hanya kepada pangan, tapi kami juga penghasil kopi, penghasil cokelat nomor dua, penghasil udang," ujar Arinal dalam acara Penganugerahan Penyaluran KUR Award di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023).

”Tapi ini mungkin akan kita tindaklanjuti setelah acara ini, tolong kepada bu menteri keuangan agar buka dikit buat saya, saya akan realisasikan untuk alsintan (alat mesin pertanian) dan mudah-mudahan saya tidak kalah dengan Gubernur Jateng (Ganjar Pranowo)," sambung Arinal.

Dihadapan Menkeu Sri Mulyani, Arinal mengatakan Lampung membutuhkan tambahan dana KUR karena daerahnya sudah secara stabil memproduksi 3,2 juta ton hasil pertanian.

Menurutnya, KUR adalah salah satu cara untuk meningkatkan produksi, sehingga Lampung akan menjadi lumbung pangan yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu Arinal juga mengklaim Provinsi Lampung sebagai lokomotif pertanian di Indonesia karena mampu memasok 40 persen kebutuhan pangan nasional.

"Penduduk Lampung 9,7 juta jiwa, luas provinsi 3,5 juta hektare, 30 persen kawasan hutan. Nah, ini belum begitu banyak pemberdayaan, sehingga saya mengambil keputusan bahwa harus dijaga. 40 persen kebutuhan pangannya dari Lampung," ujarnya.

Dalam acara KUR Award tahun ini Lampung meraih peringkat tiga dalam kategori Penghargaan Provinsi dengan Strategi Penyaluran KUR Terbaik periode 2022. peringkat kedua diraih oleh Jawa Timur dan peringkat pertama oleh Jawa Tengah.

"Alhamdulillah Lampung surplus berkat KUR. Jadi tidak salah kalau memberikan saya KUR Award," ucapnya.

Sebelumnya, pada acara yang sama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyiapkan Rp 5 miliar untuk KUR alsintan bagi kelompok pertanian.

Ini diberikan untuk menghadapi dampak dari ancaman El Nino.

"Kita siapkan sampai Rp 5 miliar untuk kelompok tani. Ini bisa didorong terutama wilayah Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan yang menjadi lumbung beras nasional," ucap Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: